Bagikan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 66 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Grobogan mendapatkan bantuan sosial berupa bahan baku produksi dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM  Jateng.

Bantuan tersebut sudah dibagikan selama dua hari, terhitung mulai tanggal 1-2 Juni 2020. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinkop UMKM Kabupaten Grobogan, Adhitya Wahyu Wardhana melalui Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro, Joko Nugroho.

“Ada 66 pelaku UMKM di Grobogan yang mendapatkan bantuan sosial berupa bahan baku produksi dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui Dinkop UMKM Jateng. Mereka yang mendapatkan bantuan ini adalah yang sudah sesuai dengan persyaratan,” ujar Joko, Rabu (3/6/2020).

Dikatakan Joko, bansos berupa bahan baku produksi ini diberikan hampir merata ke beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan. Ia menerangkan, para penerimanya memang harus yang benar-benar pelaku UMKM.

Terdapat dua paket yang diberikan dalam bansos ini. Paket pertama diberikan kepada pelaku UMKM makanan kecil berwujud gorengan dan roti.

“Paket satu bagian (a) itu mendapatkan bantuan berupa telor 50 kg, gula pasir 50 kg, tepung 75 kg dan minyak 40 liter. Yang paket pertama bagian (b) sama dengan yang bagian sebelumnya namun tidak menggunakan minyak tetapi diganti menjadi 24 kilogram mentega,” tambah dia.

Sementara, bantuan untuk pelaku UMKM bidang pembuatan kripik diberikan bantuan berupa tepung 50 kg dan minnyak 80 liter. Para pelaku UMKM ini langsung mengambil bantuan tersebut ke Sampoerna Retail Community (SRC) yang ditunjuk Dinkop UMKM Propinsi Jawa Tengah dengan menunjukkan NIK masing-masing penerima.

“Harapan kami kepada para pelaku UMKM Kabupaten Grobogan sama seperti harapan dari Dinkop UMKM Jateng yaitu dengan adanya bantuan ini, para pelaku UMKM dapat kembali berproduksi seperti sebelum masa pandemi. Bansos ini merupakan wujud kepedulian kepada para pelaku UMKM yang merasakan penurunan penjualan atau pesanan di tengah pandemi ini,” terang dia.

Terima Kasih

Salah satu pelaku UMKM yang mendapatkan bansos ini yaitu Isnaini Nurnaningsih. Pemilik UMKM Mentari Snack ini mengaku senang adanya bansos berupa bahan baku produksi.

“Saya sebagai salah satu pemilik UKM Mentari Snack mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo melalui Dinkop UMKM Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Grobogan atas pemberian bantuan sosial berupa bahan baku produksi ini kepada para pelaku UMKM yang terdampak langsung adanya pandemik covid-19),” kata perempuan yang akrab disapa Naning.

Pihaknya juga memberikan semangat kepada para pelaku UMKM yang memiliki nasib yang sama dengannya agar tetap bersemangat dan melaksanakan produksi dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan, pandemi ini secara cepat berlalu sehingga kita semua juga bisa bangkit untuk melaksanakan produksi lagi,” tutup Naning.

Hana Eswe-trs

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here