Kepala Disparbud Wonosobo ketika menerima secara simbolis bantuan dari Pemprov Jateng. Foto : SB/dok Humas Disparbud

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 15 Desa Wisata Rintisan di Wonosobo menerima bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) pada tahun 2024 ini.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo Agus Wibowo, Senin (22/4/2024) A di Pendopo Bupati setempat.

Kadisparbud Wonosobo Agus Wibowo, Rabu (24/4), menjelaskan terkait bantuan untuk Desa Wisata Rintisan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Wonosobo ini langsung masuk ke rekening kas desa penerima bantuan.

“Tahun 2024 ini ada 15 desa wisata rintisan yang mendapatkan bantuan keuangan dari Gubernur Jateng dan masing-masing desa mendapatkan Rp 100 juta,” jelasnya.

Agus Wibowo menambahkan, pihaknya terus mendorong desa wisata yang ada di Wonosobo untuk menaikkan kategori desa wisata rintisan menjadi desa wisata berkembang dan maju.

Adapun 15 desa penerima bantuan keuangan dari Pemprov Jateng untuk pengembangan desa wisata adalah Desa Damarkasian, Tlogomulyo, Pagerejo (Kertek), Mergosari (Sukoharjo) dan Desa Banyukembar, Kalidesel (Watumalang).

Selain itu, juga Desa Sikunang, Kreo, Tambi (Kejajar), Kumejing, Sumbersari (Wadaslintang), Karangsari (Sapuran), Candirejo (Mojotengah), Pulosaren (Kepil) dan Tegalsari (Garung).

Muharno Zarka