blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kanan depan), menyerahkan bantuan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer kepada Takmir Masjid At Taqwa Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, tampil memimpin kegiatan sosialisasi langkah pencegahan virus corona. Bersama Wakapolres Kompol Adi Nugroho dan pengurus Bhayangkari, dibagi-bagikan pula bantuan hand sanitizer dan sabun kepada pengurus dan takmir masjid, para guru dan murid.

Kasubag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, bertempat di halaman Mapolres Wonogiri, Sabtu (14/3), digelar apel siaga antisipasi langkah pencegahan berkembangnya virus corona. Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menginstruksikan kepada seluruh anggota serta jajarannya, untuk melakukan kegiatan serentak mensosialisasikan pencegahan corona virus kepada masyarakat.

Apel siaga dihadiri oleh seluruh anggota, Pejabat Utama (PJU) Polres dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres, serta pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri. Seusai apel, kemudian dilanjutkan kegiatan sosialisasi ke SMP Negeri 3 Wonogiri dan ke Masjid At Taqwa Wonogiri. Kepada para guru dan pelajar, diseru untuk waspada terhadap penyebaran corona virus yang kini sedang melanda dunia, termasuk Indonesia.

 

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kasat Binmas AKP Surono (keempat dan kelima dari kanan), memimpin teknik mencuci tangan kepada para siswa. Ini dilakukan bersama Kepala SMP Negeri 3 dan pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri.

Jangan Panik

Kapolres, menyeru, agar masyarakat termasuk para pelajar jangan panik. Sebab, tandas Kapolres, virus corona atau Covid-19 yang saat ini mewabah tersebut, bisa dicegah dengan membudayakan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dengan membiasakan perilaku higienis. Berkaitan dengan sosialisasi dan upaya pencegahan Covid-19, Polres Wonogiri membagikan cairan pembersih tangan antiseptik atau hand sanitizer.

Kata Kapolres, virus corona dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan bersih, biasakan mencuci tangan dengan sabun. Hindari banyak mengusap muka dengan tangan, jagalah makanan selalu dalam keadaan tertutup, untuk menjaga kebersihan dan hieginitas. Kepada masyarakat, diimbau untuk makan makanan bergizi, melakukan olahraga secara teratur dan terukur, dan istirahat yang cukup.

blank
Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho (kanan) menyerahkan bantuan hand sanitizer kepada Takmir Masjid Al Mukmin, Wankamari (kiri) disaksikan Ipda (Purn) Sitam (tengah) yang juga menjadi Takmir masjid tersebut.

”Hindari kontak langsung dengan hewan, jangan bepergian dahulu ke luar negeri, dan jika memang diperlukan harus memakai masker. Gunakan masker yang memenuhi standar kesehatan. Terikait Covid-19, para pelajar dan masyarakat diseru untuk tidak menyebarkan berita hoax lewat media sosial (medsos). ”Dicek dahulu dengan mencari sumber informasi yang valid, apakah berita tersebut benar atau tidak, jangan membuat masyarakat panik lewat berita hoax,” tegas Kapolres.

Di Masjid Al Mukmin, Wakapolres Kompol Adi Nugroho SH, SIK, tampil memimpin sosialisasi pencegahan Covid-19 disertai dengan membagikan sabun, serta hand sanitizer kepada takmir masjid setempat, Wankamari. Ikut aktif dalam kegiatan di Masjid Al Mukmin ini, Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri yang diwakili Ny Dewi Adi Nugroho.

Bambang Pur