Dosen USM Diminta Tingkatkan Publikasi Jurnal
Wakil Rektor II USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP memberikan sambutan saat pembukaan seminar hasil penelitian dan pengabdian dosen USM di Aula Gedung V USM (Foto USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian, dosen USM melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat semester gasal tahun 2019-2020 pada Selasa (11/2/2020) di Aula Gedung V USM.

Wakil Rektor II Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP dalam sambutanya menghimbau para dosen untuk memperhatikan pembuatan jurnal nasional maupun internasional, karena penelitian itu bisa dimanfaatkan untuk kenaikan pangkat, persyaratan BKD, kinerja lembaga dan institusi USM.

“Bagi dosen yang melakukan penelitian harus dipenuhi persyaratannya, khususnya penulisan dan publikasi jurnal, untuk itu dosen harus menyisihkan waktunya untuk menggerakkan tangan, memutar otak untuk berfikir, dan menulis, kemudian menuangkan ide dalam proposal sehingga bisa menghasilkan jurnal,” harapnya.

Dalama kegiatan tersebut sejumlah 74 judul penelitian dengan dana 5 juta, kemudian 25 judul penelitian dana 15 juta diseminarkan, sementara pengabdian masyarakat dengan 72 judul akan diseminarkan pada tanggal 11-13 Februari 2020, sedangkan pada Kamis 13 Februari seminar untuk hibah kompetitif internal dengan dana 15 juta.

Menurut kepala LPPM Iswoyo SPt MP mengatakan jurnal yang setelah di review, maka para peneliti dan pengabdi harus sudah mengunggah laporannya maksimal 10 hari setelah seminar dilaksanakan dengan melampirkan hard copy secara fisik disampaikan kepada LPPM USM.

“Semoga kedepan dosen USM semakin banyak mengikuti kompetisi-kompetisi yang diikuti baik internel terutama dan untuk yang eksternal,” harap Iswoyo.

Untuk memfasilitasi penelitian , kedepan LPPM USM akan menggelar pelatihan atau workshop untuk memacu dosen untuk bisa membuat jurnal dan mengusulkan ke Kementrian agar dapat didanai.

USM-Wahyu