blank
Tim PkM Ilkom USM berfoto bersama para siswa kelas XI SMA II, usai melakukan pelatihan fotografi jurnalistik. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), memberikan Pelatihan Jurnalistik Digital dengan tema Pelatihan ‘Photography Juornalism’, di SMA Institut Indonesia Semarang, Selasa (2/4/2024).

Tim PkM Ilkom USM terdiri dari, Ketua Khresna Shafeirza, anggota Elsa Ananda, Adinda Martha, Talitha Agnes, Irfadella, Virgina Aulia, Devina Candra, Izhaturachman, Nadia Kamila, Rafly Azril, dan Putri Melinda.

Kegiatan yang diadakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Pembangunan itu, diikuti 20 siswa SMA Institut Indonesia kelas XI. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ahmad Hasan.

BACA JUGA: Apel Siaga Kelistrikan Nasional, Dirut PLN Pimpin Kesiapan Keandalan Listrik Masa Lebaran 2024

Ketua PkM USM, Khresna Shafeirza mengatakan, pelatihan ini untuk memberikan edukasi tentang jurnalistik dalam fotografi. Selain itu juga, melatih kreativitas para siswa untuk membuat karya fotografi.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat membuat teman-teman di SMA Institut Indonesia paham akan ‘photography journalism’,” katanya.

Selama kegiatan itu, para peserta diberikan materi terkait fotografi jurnalistik, antara lain tentang jurnalistik, dasar-dasar fotografi jurnalistik, cara penggunaan media handphone atau kamera dengan benar.

”Diawal kegiatan dan akhir, para peserta juga diberikan pre-test dan post-test,” ujarnya.

BACA JUGA: DPC PDI Perjuangan Segera Buka Pendaftaran Calon Bupati Jepara

Sementara Ahmad Hasan berharap, kegiatan ini dapat membuat para siswa SMA Institut Indonesia, tertarik dalam dunia jurnalistik fotografi.

”Bagi yang sudah suka dengan fotografi, bisa diasah lagi skill-nya. Diperbanyak praktiknya, biar bisa jadi fotografer yang bagus,” ungkapya.

Riyan