blank
PELANTIKAN: Komisioner Bawaslu Grobogan, Agus Purnama, saat menjelaskan mengenai rencana pelantikan calon anggota Panwascam Pilkada 2020 di hadapan awak media. Foto: hanaeswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Grobogan, menetapkan sebanyak 67 orang sebagai anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Hal itu seperti dikatakan Komisioner Bawaslu, Agus Purnama, dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu Grobogan, Rabu (18/12).

Agus yang juga menjabat sebagai Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi ini menambahkan, sebanyak 43 pria dan 24 perempuan terpilih menjadi anggota Panwascam. Mereka akan ditempatkan di 19 kecamatan, dengan jumlah masing-masing kecamatan sebanyak tiga orang.

BACA JUGA : Distribusikan Bahan Baku, PT Semen Grobogan Bangun Fly Over

Ditambahkan dia, Bawaslu Grobogan membuka pendaftaran anggota Panwascam dengan jumlah total pelamar yang masuk sebanyak 276 orang. Pendaftaran ditutup pada 3 Desember lalu. Tahapan selanjutnya yakni melakukan seleksi administrasi, dan akhirnya terpilih 263 pelamar dinyatakan lolos menuju tahapan tes socratif.

”Tes socratif diadakan pada 15-17 Desember 2019. Pada pelaksanaannya, ada 24 orang yang tidak hadir. Dari hasil tes ini, sebanyak 94 orang dinyatakan lolos dan masuk tahapan wawancara,” ujar Agus.

Akan Diganti
Pada tes wawancara ini, 64 orang dinyatakan lolos menjadi anggota Panwascam. Rencananya, para calon anggota Panwascam ini akan dilantik pada Senin (2312/2019) mendatang.

”Sebelum pelantikan, para calon anggota Panwascam diharuskan menyerahkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah. Jika sampai sebelum pelantikan tidak ada yang memenuhi syarat itu akan digantikan oleh anggota Panwascam pada nomor urut selanjutnya,” tukas Agus.

Pihaknya berharap adanya partisipasi awak media untuk mengawasi kegiatan para anggota Panwascam. Khususnya pada pelaksanaan Pilkada Grobogan yang akan dilaksanakan pada September 2020.

Hana/Riyan