blank
Para ASN mengikuti upacara Hari Otda Tahun 2019 di Halaman Kantor Kecamatan Grobogan, Kamis (25/4). Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Otonomi daerah telah memberi solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan. Hal tersebut disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulis yang dibacakan  Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam upacara peringatan Hari Otonomi Daerah 2019 di halaman Kantor Kecamatan Grobogan, Kamis (25/4).

Menurut Tjahjo, masyarakat didorong dan diberi kesempatan mengembangkan inovasi serta kreativitasnya. Nantinya akan dapat mewujudkan peningkatan pelayanan dari partisipasi aktif masyarakat.

blank
Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan, daerah diharapkan mampu berdaya saing namun tetap mengedepankan prinsip demokrasi, pemerataan keadilan, serta potensi keanekaragaman daerah. Foto : Hana Eswe.

“Di samping itu, daerah diharapkan mampu berdaya saing namun tetap mengedepankan prinsip demokrasi, pemerataan keadilan, serta potensi keanekaragaman daerah,” kata Tjahjo.

Smeentara Sri Sumarni, orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini juga meminta agar kinerja penyelenggaraan pemerintahan dapat terus ditingkatkan demi terwujudnya kesejahteraan. Pihaknya juga berharap, kemandirian masyarakat semakin muncul dengan mengoptimalkan kreativitas dan inovasi.

“Mari tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, pemerintah daerh dengan DPRD dan masyarakat sehingga dapat tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis,” tambah Sri Sumarni.

Dijelaskan juga, penyelenggaraan otda tidak langsung menganggap masyarakat sebagai konsumen pelayanan publik. Dengan kemampuan yang dimiliki, justru masyarakat diminta untuk ikut terlibat dalam meningkatkan kemajuan daerah.

“Semua aparatur sipil negara di daerah harus memberikan kualitas pelananan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi. Kami harus beradaptasi pada kepentingan masyarakat yang semakin menyadari hak serta kewajibannya sebagai warga negara,” tutup Sri Sumarni.

suarabaru.id/Hana Eswe.