blank

 JEPARA(SUARABARU.ID) – Jumlah orang yang terpapar Covid-19 dan yang meninggal di Jepara terus bertambah. Bahkan hari ini  dalam situs resmi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jepara angka penderita Covid-19 di Jepara  telah mencapai 323 orang. Sementara yang meninggal sebanyak 23 orang dan sembuh 36 orang.

Padahal  Jumat malam kemarin angka penderita Covid -19 di Jepara baru sebanyak 298 orang  dan meninggal 19 orang. Artinya dalam sehari bertambah pasien baru 25  orang dan yang meninggal bertambah 4 orang. Sementara jumlah peningkatan selama 9 hari terakhir dari tanggal   20 Juni 2020 – hingga 26 Juni sebanyak 210 orang.

Peningkatan kasus ini mencemaskan banyak kalangan, termasuk Bupati Kudus yang meminta agar protokol kesehatan di Jepara untuk ditingkatkan. Namun sejauh ini berdasarkan pantauan SUARABARU.ID dan sejumlah sumber,  Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, belum pernah melakukan rapat khusus secara lengkap membahas peningkatan kasus ini yang melibatkan seluruh anggota gugus tugas. Yang ada adalah rapat terbatas.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Corona Virus Disease 2019  Kabupaten Jepara ini dibentuk dengan Keputusan Bupati Jepara  No. 367 /164 tahun 2020 tanggal 9 April 2020. Dalam Keputusan tersebut Ketua Gugus Tugas adalah Bupati Jepara serta 6 orang wakil yang terdiri atas unsur Forkopimda Kabupaten Jepara.

Gugus Tugas ini dilengkapi dengan Juru Bicara dr M. Fahruddin, Sekretaris  Edy Sujadmiko, Wakil  Sekretaris Arwin Noor Isdiyanto dan Mudrikatun.

Juga ada  bidang akuntabilitas dan pengawasan 3 orang, unsur pengendalian kewilayahan  yang terdiri dari camat, Danramil dan Puskesmas seluruh Jepara, Pusdalops  7 0rang anggota,  Humas  7 orang anggota, Perencanaan, Data, Pakar dan Analisis   6 anggota.

Sementara  bidang operasi 6 orang, seksi pencegahan 17 orang,  seksi penanganan  13 orang,  seksi pemulihan dan pelayanan dasar  12 orang,  Seksi Pengamanan dan Gakum 5 orang, bidang logistik 3 orang, seksi penyiapan potensi sumberdaya daerah 7 orang,  seksi penyiapan dan penggunaan askes  7 orang,  bidang administrasi  dan keuangan 2 orang, serta administrasi  3 orang.

Sementara Humas GTPP Covid-19 Jepara, Arif Darmawan yang dihubungi SUARABARU.ID menjelaskan, telah diagendakan rapat dengan semua camat, Senin depan. Sedangkan dengan unsur Forkopimda akan dilakukan Selasa.

Sedangkan Juru Bicara Gugus Tugas M. Fakhrudin mengatakan, rapat terbatas sering dilakukan dan bahkan dalam waktu dekat akan dilakukan rapat lengkap. “Bahkan telah disusun draf kajian dan road mapnya,” ujar M. Fahrudin.

Hadepe