blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho (Kiri) tengah menyerahkan ijazah kepada seorang wisudawan dalam upacara wisuda Periode III tahun 2020 yang berlangsung di depan Gedung dr. Prakosa kampus Kentingan Solo, Sabtu (27/6). (Bagus Adji )

SOLO(SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret  (UNS) Surakarta  mewisuda 329 sarjana baru dan 131 wisudawan di antaranya berpredikat cumlaude  dengan menerapkan proses daring, luring, dan drive thru yang ramah lingkungan. Upacara wisuda periode III tahun 2020 yang berl;angsung dalam sidang senat terbuka UNS  dipimpin Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho berlangsung  di depan Gedung dr. Prakosa kampus Kentingan Solo, Sabtu (27/6).

Prosesi wisuda diwarnai dengan kedatangan perwakilan wisudawan  yang mengenakan atribut wisuda ke pintu depan Gedung dr Prakosa. Mereka datang secara bergantian menggunakan sarana transportasi ramah lingkungan di antaranya Andong, sepeda, motor elektrik, maupun mobil elektrik. Tiba ditujuan telah menunggu  Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho yang langsung  menyampirkan kucir toga wisuda para lulusan.

Selanjutnya, Prof. Jamal beserta Ketua Senat UNS, Prof. Adi Sulistiyono, kembali masuk ke Gedung Auditorium G P H. Haryo Mataram untuk mengikuti prosesi pembacaan nama-nama wisudawan dan berlangsung secara daring. Dari Humas UNS diperoleh keterangan, wisudawan yang mewakili (luring) prosesi wisuda sebanyak 15 orang berpredikat cumlaude.

blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho (Kiri) bersiap mewisuda  lulusan setempat yang datang menaiki mobilr elektrik dalam upacara wisuda Periode III tahun 2020 yang berlangsung  di depan Gedung dr. Prakosa kampus Kentingan Solo, Sabtu (27/6). (Bagus Adji)

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho dalam amanatnya mengatakan, penyelenggaraan wisuda kali ini merupakan bentuk pengimplementasian _physical distancing_ dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Hal demikian dilaksanakan karena sampai saat ini perkembangan penyebaran wabah covid-19 dihampir seluruh daerah di Indonesia masih relatif cukup tinggi.

Untuk itu perhelatan wisuda UNS periode llI dilaksanakan secara Luring dan Daring, serta dilengkapi sentuhan kreatifitas unik dengan konsep drive thru. Meski Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19, lulusan UNS diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan menciptakan gaya hidup baru .

“Saya masih percaya dan yakin  bahwa dalam suasana pandemi ini, kalian sebagai generasi muda memiliki kapasitas, kemampuan beradaptasi dan menciptakan lingkungan baru yang kondusif dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan,” tandas  Prof Dr Jamal Wiwoho.

Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof Dr  Ahmad Yunus melaporkan, upacara Wisuda Periode III tahun 2020  mewisuda 329 wisudawan dan 131 diantaranya  lulus dengan prerdikat cumlaude. Mereka yang diwisuda kali ini berasal dari lulusan Program Doktor delapan orang dan  Program Magister 60 orang, lulusan pendidikan dokter spesialis  12 orang  dan 229 lulusan program sarjana dari  11 fakultas  20 wisudawan lulusan program diploma.

“Sejak berdiri hingga wisuda kali ini, uns telah meluluskan 187.355 alumni. Rinciannya , program doktor 599 alumni; program magister 16.197 alumni; program pendidikan dokter spesialis  1.227 alumni; program profesi insinyur 29 alumni; program pendidikan profesi akuntasi 244 alumni. dari oprogram sarjana  121.147 alumni; program diploma iv 1.590 alumni; program diploma iii 30.636 alumni dan program  diploma ii 15.686 alumni“, jelasnya.

Bagus Adji-trs