blank
Sejumlah anggota TNI Kodim 0707/Wonosobo tengah melakukan latihan Tehnik Dasar Pertempuran (Niksarpur) di kawasan hutan kota komplek Pendopo Bupat setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pasi Ops Kodim 0707/Wonosobo Kapten Czi Sarwiyono mengatakan tentara tidak boleh lupa materi tempur. Walaupun saat ini situasi damai, tapi kemampuan bertempur tidak boleh dilupakan karena jadi syarat utama seorang prajurit.

“Latihan teknik tempur harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh. Materi yang diajarkan hanya mengulang saat semua masih di Satuan Batalyon. Kemampuan teknik tempur bagi anggota TNI hukumnya wajib dan harus dikuasai,” katanya, Minggu (1/3).

Pasi Ops Kodim 0707/Wonosobo Czi Sarwiyono mengatakan hal tersebut disela-sela kegiatan program “Latihan Teknik Dasar Pertempuran (Niksarpur)” di halaman Pendopo Bupati setempat. Niksapur diikuti seluruh personil TNI Kodim 0707 Wonosobo.

Komandan Latihan Niksapur Kapten Inf Sutarto menambahkan materi Niksarpur ini merupakan pelajaran ataupun pengetahuan militer tentang teknik dasar pertempuran baik pertempuran  di wilayah kota maupun di areal hutan pegunungan.

“Materi ini untuk mengingat kembali materi-materi teknik dasar pertempuran yang pernah didapatkan di lembaga pendidikan. Para anggota hanya mengulangi lagi agar tidak lupa, untuk itu laksanakan dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” tukasnya.

Pelaksana Tempur

Muatan materi yang disampaikan, imbuhnya, adalah materi dasar pergerakan dalam pelaksanaan patroli, dengan mengingat kembali materi 5M yang pernah diajarkan dan dilatihkan sebelumnya. Materi mengulang sangat mudah tapi perlu latihan terus.

“Kemampuan teknik dasar bertempur mutlak diberikan kepada para prajurit infanteri sebagai pelaksana tempur di lapangan maupun saat sedang tugas operasi. Sebagai pasukan tempur, anggota TNI tidak boleh lengah dan mundur dalam menghadapi musuh,” tegasnya.

Kapten Czi Sarwiyono menambahkan latihan Niksapur ini merupakan program rutin yang dilaksanakan pada minggu keempat tiap bulan. Namun bukan berarti latihan hanya bersifat seremonial semata karena anggota TNI tidak boleh mengabaikan kemampuan ini.

“Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan disiplin dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki. Utamakan faktor keamanan personel dan materiil di lapangan. Jangan sampai ada anggota TNI yang celaka,” perintahnya.

Kegiatan latihan Niksarpur dapat bermanfaat, katanya, bila suatu saat kapan pun dibutuhkan atau diperlukan personel Kodim 0707/Wonosobo bisa selalu siap dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang prajurit TNI yang mahir dan terlatih.

Muharno Zarka-Wahyu