blank
Foto Kapolres Jepara yang dipasang sebagai foto profile di WhatsApp palsu dengan Nama Nugroho Tri Kapolres Jepara

JEPARA(SUARABARU.ID) – Model penipuan lama ini  sering terjadi kali terjadi dengan memanfaatkan nama pejabat. Kali ini memanfaatkan nama Kapolres Jepara Nugroho Tri Nuryanto, SH,SIK,MH.

Untuk meyakinkan calon korbannya, pelaku memasang foto Kapolres Jepara itu sebagai foto profile di WhatsApp dengan menggunakan nama Nugroho Tri Kapolres Jepara dengan nomor WA 081286333394.

Salah satu yang disasar adalah Muhlisin,  warga RT 20 / RW 06 Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan. “ Sejak awal  saya sudah curiga ketika mendapatkan kiriman pesan WA dari  Pak Kapolres Nugroho Tri.

Pertama  saya tidak memiliki nomor beliau dan kedua pelaku ingin ikut gabung  jagong minum kopi,” ujar Muhlisin yang juga dikenal sebagai tukang pijat dan bekam.

Apalagi kemudian dia minta dibantu  dikirim pulsa  sebab kebetulan pulsanya lagi  habis dan kendaraan  sedang dipakai oleh temannya. “Pulsa itu akan digunakan untuk telpon temannya agar cepat kembali,” ujar Muhlisin membaca pesan WA yang dikirim kepadanya.

Disampinmg itu juga ditawarkan kredit mobil dan roda dua dengan DP 0 %. “Ada minat gak beli kendaraan buat pribadi atau keluarga. Mumpung ada kredit tanpa  DP,” tulis pengirim pesan sembari menanyakan tempat tinggal saya dimana,” ungkap Muhlisin.

Muhlisin menduga, percakapan yang dibangun oleh palaku sebenarnya juga sedang menjajagi status ekonomi dan juga  tempat tinggal. “Karena tidak saya tanggapi kemudian nomor saya malah dibliokir mulai Minggu ( 1/3-2020 ) pagi, “ ujar Muhlisin.

Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto yang dihubungi SuaraBaru.Id  semalam menegaskan, bahwa namanya telah dicatut.” Tidak benar itu.  Pelaku hanya mau menipu orang saja.Jika ada kasus seperti itu abaikan saja,” ujar Kapolres Jepara. Disamping itu jika ada  modus penipuan  yang mengatas namakan saya segera laporkan.

Hadi Priyanto