blank
Sadio Mane/dok

HURGHADA (SUARABARU.ID) – Penampilan menawan penyerang Liverpool Sadio Mane sepanjang tahun lalu mendapat ganjaran. Pemain asal Senegal itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019. Dia mengalahkan rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah (Mesir), dan winger Manchester City Riyad Mahrez (Aljazair) untuk memenangi penghargaan itu. Bintang bersahaja ini mengaku sangat gembira dan bangga.

”Sepak bola adalah pekerjaanku, aku mencintainya. Aku ingin berterima kasih kepada keluargaku, tim nasionalku, staf, federasi, dan Liverpool. Ini adalah sebuah hari yang penting buatku,” ungkap Mane. Dia menjadi pemain krusial untuk sukses The Reds belakangan ini. Pesepak bola 27 tahun itu mencetak 30 gol di seluruh kompetisi 2018-2019 untuk membantu Si Merah memenangi Liga Champions.

Pada musim 2019-2020, Mane membukukan 15 gol yang membuat Liverpool memuncaki klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan keunggulan 13 poin atas rival terdekatnya, Leicester City. Seremoni penghargaan ini digelar di Hurghada, Mesir. Namun, baik Salah maupun Mahrez tak menghadiri acara itu.

Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) juga mengumumkan starting eleven terbaik tahun 2019. The Reds menyumbang pemain terbanyak dalam tim tersebut. Mane dan Salah mengisi lini depan. Satu posisi lagi di lini serang ditempati Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon/Arsenal).

Di posisi gelandang ada Idrissa Gana Gueye (Senegal/Paris Saint Germain), Mahrez, dan Hakim Ziyech (Maroko/Ajax). Barisan pertahanan diisi Serge Aurier (Pantai Gading/Tottenham Hotspur), Joel Matip (Kamerun/Liverpool), Kalidou Koulibaly (Senegal/Napoli), dan Achraf Hakimi (Maroko/Borussia Dortmund). Posisi penjaga gawang menjadi milik Andre Onana (Kamerun/Ajax). (rr)