blank
Gian Piero Gasperini/dok

KHARKIV (SUARABARU.ID) – Keteguhan Atalanta menghasilkan sejarah dengan menembus babak 16 Liga Champions. Gli Orobici mengunci posisi kedua pada Grup C setelah membekap tuan rumah Shakhtar Donetsk 3-0 di Stadion Metalist, Kharkiv, Kamis (12/12) dini hari WIB. Tiga gol pasukan tamu dilesakkan Timothy Castagne, Mario Pasalic, dan Robin Gosens.

Pencapaian wakil Italia ini didapat dengan tak mudah karena harus menunggu laga keenam. Gian Piero Gasperini, pelatih Atalanta, memuji kerja keras skuadnya. Sejak awal Gasperini memang yakin timnya bakal mengukir sensasi. Kejutan itu terbukti pada matchday penutup.

Atalanta tercatat sebagai klub pertama yang menembus fase gugur setelah hasil buruk dalam tiga partai awal. Gli Orobici mengikuti jejak klub top Juventus. “Ini akan tetap ada di sejarah klub, dan sejarah dari sepak bola,” ujar Alejandro Gomez, kapten Atalanta asal Argentina.

“Kami semua sangat rendah hati, tak satu pun dari kami pemain bintang. Ini bergantung pada kerja keras dan pengorbanan,” tambahnya.

Kekalahan awal dari Dinamo Zagreb, Shakhtar dan Manchester City justru membuat mereka terpacu. Keajaiban yang diharapkan Gomez dan kolega kemudian menjadi kenyataan di markas Shakhktar. “Sungguh luar biasa. Saya lelah, tapi sangat senang. Kami melakukan suata hal yang luar biasa, dan lolos,” kiper Pierluigi Gollini. Kini, 16 tim yang menembus fase gugur sudah lengkap. Undian babak 16 besar bakal dilakukan Senin (16/12). (rr)