blank
Witan Sulaeman merayakan golnya ke gawang Yordania, yang dicetaknya dengan akurasi lengkung sangat presisi. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan rasa bangganya, atas semangat juang para pemain yang punya nyali lebih untuk menang. Seperti diketahui, Timnas U23 Indonesia, lolos ke babak kedua di ajang Piala Asia U23, Qatar 2024.

Dalam laga penentuan Grup A, Marselino Ferdinan cs menundukkan Yordania dengan skor 4-1, pada laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) malam.

Garuda muda yang bermain sangat tenang, efektif, dan trengginas dalam menghadang ambisi Yordania, yang sama-sama mengincar kemenangan agar lolos dari penyisihan grup, unggul langsung 2-0 di babak pertama. Sempat menambah gol menjadi 3-0, Indonesia menutup laga dengan skor 4-1.

BACA JUGA: Genjot Sport Tourism di Jateng, Pj Gubernur Jateng Launching Specta 2024 dengan 14 Cabang Olahraga

”Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan Liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah, hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama,” ujar Erick yang menonton langsung perjuangan tim Merah Putih di Doha, Qatar, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Dia juga secara khusus mengapresiasi perjuangan para pemain di lapangan. Nyali tinggi para pemain, menurutnya membuat para pemain tampil tanpa beban, berkelas dan terus menekan sehingga menang.

”Ini bukti kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya, karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga,” tambahnya.

BACA JUGA: Tragis! Seorang Petani di Jepara Tewas Tersambar Petir saat Sedang Membajak Sawah

Dalam laga itu, gol pertama tim Merah Putih dicetak Marselino Ferdinan menit 23 melalui titik penalti. Tendangan 12 pas itu diberikan, setelah striker Rafael Struick dijatuhkan di kotak terlarang.

Hol kedua diceploskan Witan Sulaeman menit 40, lewat tendangan indah menuntaskan tiki taka cantik antara Marcelino, Rizki Ridho, dan Witan sebagai eksekutor. Marcelino menambah kemenangan dengan membuat gol ketiga Indonesia menit 70, melalui permainan satu dua dengan Witan.

Yordania sempat memperkecil ketinggalan lewat gol bunuh diri Justin Hubner, yang membelokkan tendangan lawan. Namun Indonesia memperbesar keunggulan melalui tandukan Komang Teguh.

BACA JUGA: Sejumlah Tokoh Jepara Dorong Kapolda Jateng Maju Pilgub

”Saya nilai grafik permainan dan mental para pemain terus naik sejak kalah dari Qatar, meskipun kita main luar biasa saat itu dengan sembilan pemain. Mereka tidak menyerah saat mendapat tekanan. Saya salut atas strategi pelatih Shin Tae-yong, sehingga permainan tim benar-benar baik,” tandas Erick.

Sementara itu di laga lain masih di grup yang sama, tuan rumah Qatar bermain imbang 0-0 lawan Australia. Dengan hasil ini, Qatar tampil sebagai juara grup dengan nilai tujuh (7) disusul Indonesia (6), berikutnya Australia (2) dan Yordania (1).

Riyan