blank
Claudio Ranieri/dok

GENOA – Usia boleh tua, tapi Claudio Ranieri masih laku. Pelatih 67 tahun itu ditetapkan manajemen Sampdoria sebagai allenatore baru. Mantan manajer Leicester City itu dikontrak selama dua musim. Dia menggantikan Eusebio Di Francesco yang dipecat.

Bagi Ranieri, ini untuk kali kedua dirinya menggantikan posisi Di Francesco. Sebelumnya, dia meneruskan tugas mantan pemain timnas Italia itu di AS Roma pada Maret 2019. Sampdoria merupakan tim ke-17 yang pernah dilatih Ranieri sepanjang karier kepelatihannya. Blucerchiati juga menjadi klub asal Italia ke-11 yang dipolesnya.

Klub yang bermarkas di Stadion Luigi Ferraris itu mendekam di dasar klasemen sementara Seri A Liga Italia musim 2019-2020. The Samp hanya mampu meraih tiga poin dari tujuh pertandingan. Ranieri diberi amanah untuk menyelamatkan posisi Sampdoria dari jurang degradasi. Kontraknya bisa saja diputus lebih awal jika timnya turun level ke Seri B.

Ranieri mengaku siap mengemban misi yang tidak mudah ini. Seperti biasa, The Tinkerman bakal membesut skuadnya melalui kerja keras dan disiplin. Sebagai pelatih, dia dikenal tahan banting. Leicester yang sama sekali tak diunggulkan terbukti sukses memenangi titel Liga Primer Inggris. (rr)