blank
Senyum para Ketua RT dan RW yang berdedikasi layani warganya

Kudus – Bupati Kudus HM Tamzil kembali melakukan kegiatan silaturahim dan penyerahan operasional ketua RT/RW.

Kali ini HM Tamzil melakukan silahturahim di tiga kecamatan terakhir yaitu Kecamatan Gebog,  Dawe, dan Kecamatan Bae, yang berlangsung di Balai Desa Besito,  Balai Desa Lau, dan Balai Desa Bae,  pada hari Rabu (28/5) siang.

Tidak dapat dipungkiri peran ketua RT (Rukun Tetangga) dan ketua RW (Rukun Warga) dalam melayani warga sangat penting dirasakan oleh warga.

Ini karena Ketua RT/RW merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani warga dan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

blank
Dialog Bupati dengan para ketua RT dan RW

Untuk itu, Pemerintahan Daerah sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kepada ketua RT/RW diberikan sejumlah insentif atas jasa dan dedikasi pelayanan terhadap warga.

“Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada ketua RT/RW atas kerja maksimal dan dedikasinya dalam melayani warga kudus,” ujarnya.

Selain itu, dirinya berpesan kepada para Kepala Desa agar setiap surat pengantar desa permintaan warga harus menyertakan pengantar dari RT setempat. Dengan maksud sebagai pengawasan dan kontrol RT kepada warganya.

“Semua surat menyurat harus melewati pengantar ketua RT/RW, ini sebagai filter awal seorang ketua RT untuk mengetahui kondisi warganya, jika ada yang tidak melewati pengantar RT mohon jangan dilayani,” tegasnya.

Ke depan, lanjut Bupati, setiap ketua RT/RW akan dibekali Id card tanda pengenal yang akan digunakan dalam melayani warga, sehingga perannya lebih dikenal warga.

blank
Berfoto bersama seusai acara

HM Tamzil, dalam kesempatan itu juga meminta kepada para ketua RT/RW untuk mensosialisasikan program pemerintah yang tengah berjalan kepada masyarakat, salah satunya program Call Center 112 dan “Lapor Tamzil”.

“Kami minta kepada Ketua RT/RW untuk mensosialisasikan kepada para warganya untuk dapat dapat menghubungi layanan call U-garuda 112 yang akan siap melayani warga dalam 24 jam.

Apabila dalam keadaan darurat maupun bencana,  dapat melaporkan pelayanan publik yang belum maksimal ke akun “Lapor Tamzil” baik melalui nomor WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter ,” ungkapnya. (SuaraBaru.id)