blank
Ilustrasi bayam yang kaya akan zinc.Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Zinc merupakan salah satu mineral yang memiliki peran penting di dalam tubuh, tetapi sayangnya, tubuh kita tidak memproduksi mineral ini. Oleh sebab itu, Anda perlu mencukupi kebutuhannya dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc atau mengonsumsi suplemen zinc.

Mineral seng atau Zinc (Zn) berguna dalam berbagai proses di dalam tubuh, seperti ekspresi gen, reaksi enzim, fungsi imun, sintesis protein, penyembuhan luka, pertumbuhan dan perkembangan.

Ini merupakan mineral yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dilansir dar Suara.com, kekurangan zinc sering dikaitkan dengan rambut rontok, perubahan mood yang lebih cepat, kehilangan nafsu makan, dan diare.

Baca Juga: Penampilan Umbi Suweg Yang Kurang Menarik Justru Memiliki Segudang Manfaat, Yuk Simak…

Jadi, penting bagi kita untuk mendapatkan cukup sumber zinc dalam makanan kita sehari-hari. Dilansir Alodokter, berikut ini adalah beberapa makanan kaya akan zinc yang bisa kamu coba:

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan zinc. Bayam juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti zat besi dan vitamin C.

Kamu bisa menambahkan sayuran ini ke dalam menu makanan yang dikonsumsi guna membantu memenuhi kebutuhan zinc harian, seperti salad, sup, atau bahkan smoothie untuk mendapatkan manfaat zinc yang tinggi.

Baca Juga: Menjadi Bahan Aromatic Dalam Masakan, Ini 3 Manfaat Rosemary bagi Kesehatan

2. Daging sapi

Daging sapi adalah sumber zinc yang sangat baik. Selain itu, daging sapi juga mengandung banyak protein dan zat besi. Anda dapat memasak daging sapi dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus, untuk menciptakan hidangan yang lezat dan sehat.

Tapi, kamu tetap harus membatasi konsumsi daging sapi, karena terlalu banyak mengonsumsi daging merah dapat meningkatkan kadar kolesterol yang berkaitan dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang hijau, dan kacang merah juga mengandung zinc yang tinggi. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat, vitamin B, dan protein. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan sehat, menambahkannya ke salad, atau menggilingnya untuk membumbui hidangan makanan.

Baca Juga: Seledri Sering Dijadikan Lalapan, Tapi Taukah Kamu Manfaatnya? Yuk Simak

4. Telur

Telur adalah makanan yang sangat bergizi dan mengandung banyak nutrisi termasuk zinc. Telur juga mengandung protein tinggi dan lemak sehat.

Walaupun kandungan zinc dalam telur tidak terlalu banyak, kamu tetap dapat menjadikannya sebagai sumber makanan yang mengandung zinc. Kamu bisa memasak telur sebagai telur dadar, atau merebusnya, untuk menikmati manfaat zinc.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao tinggi juga merupakan sumber yang baik bagi zinc. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Termasuk Tanaman Liar, Tapi Taukah Kamu Manfaat Tanaman Senggani Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Tapi, pastikan kamu memilih cokelat hitam yang memiliki persentase kakao yang tinggi dan murni. Semakin pekat atau tinggi kadar cokelatnya, semakin tinggi pula kandungan zincnya.

6. Susu

Susu adalah sumber zinc yang baik, terutama susu sapi. Susu juga mengandung kalsium, protein, dan vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kamu bisa minum susu segar atau menggunakan susu dalam olahan makanan seperti smoothie, sereal, atau yogurt.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc tubuh, pentingnya memasukkan makanan-makanan yang kaya akan zinc ke dalam makananmu sehari-hari.

Dengan memilih makanan seperti bayam, daging sapi, kacang-kacangan, telur, cokelat hitam, dan susu, kamu bisa memastikan bahwa tubuhmu mendapatkan zinc yang cukup untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Jadi, mulai sekarang, perhatikan apa yang kamu makan dan pastikan juga kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Claudia