Tanaman umbi suweg yang kaya manfaat. Foto: UB

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Umbi Suweg merupakan tanaman dari anggota genus Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa dan iles-iles. Suweg sering dicampurbaurkan dengan iles-iles karena keduanya menghasilkan umbi batang yang dapat dimakan dan ada kemiripan dalam morfologi daun pada fase vegetatifnya.

Umbi suweg masih terasa asing atau pertama kali mendengarnya, hal ini tidak mengherankan karena suweg memang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para kaum milenial.

Suweg sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang umbinya dapat dikonsumsi, mirip seperti tanaman ubi ataupun talas. Seperti lazimnya tanaman umbi-umbian lain, suweg dapat dijadikan salah satu bahan pangan alternatif selain nasi di Indonesia.

Baca Juga:Menjadi Bahan Aromatic Dalam Masakan, Ini 3 Manfaat Rosemary bagi Kesehatan

Namun, tahukah kamu ternyata umbi suweg memiliki beragam manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang tepat.

Tanaman yang masih kerabat dengan bunga bangkai ini meskipun penampilannya kurang menarik ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Suara.com berikut 3 manfaat dari mengkonsumi umbi suweg.

1. Dapat Menjaga Sistem Pencernaan

Tanaman yang memiliki nama latin Amorphophallus paeoniifolius sejatinya memang sudah sering dimanfaatkan umbinya untuk dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di beberapa wilayah. Hal ini karena umbi suweg dipercaya memiliki beberapa khasiat yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga sistem pencernaan. Melansir dari artikel dalam jurnal Biodiversitas, umbi suweg memiliki kandungan glucomannan yang baik untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: Lima Jenis Umbi-umbian yang Tinggi Protein

Senyawa glucomannan tersebut memiliki peran meningkatkan bakteri baik yang baik untuk kesehatan usus. Selain itu, senyawa ini juga dapat menekan terjadinya sembelit dalam jaringan usus. Umbi suweg juga merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat memperlancar proses pencernaan.

2. Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otot

Salah satu manfaat lain dari umbi suweg adalah dapat menjaha kesehatan dan fungsi otot. Melansir dari artikel dalam International Journal of Research in Pharmaceutical and Biomedical Sciences, umbi suweg memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan baik untuk kinerja otot.

Senyawa kalsium sendiri memiliki peran dapat mengatur dalam proses kontraksi otot sehingga mengindari resiko otot tertarik atau tegang berlebihan. Mengkonsumsi umbu suweg dianjurkan dilakukan dengan proses mengukusnya agar lebih mendapatkan manfaat dari umbi-umbian tersebut.

Baca Juga: Ubi Rebus, Pilihan Menu Diet Rendah Kalori

3. Baik Untuk Program Diet

Seperti lazimnya umbi-umbian lainnya, suweg juga cukup dianjurkan sebagai salah satu sumber pangan bagi seseorang yang sedang melakukan program diet. Umbi suweg memiliki kandungan serat yang cukup besar dan dapat menekan rasa lapar lebih lama. Mengkonsumsi suweg secara teratur juga diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan dapat menekan resiko terjadinya diabetes.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mengkonsumsi umbi suweg. Perlu diingat umbi suweg juga memiliki beberapa efek samping bagi tubuh. Salah satunya adalah suweg memiliki kandungan asam oksalat yang cukup tinggi.

Apabila kandungan asam oksalat dalam tubuh cukup tinggi dapat beresiko menimbulkan batu ginjal. Maka dari itu, mengkonsumsi suweg dianjurkan dilakukan secara terukur dan tidak terlalu sering atau berlebihan.

Claudia