Ilustrasi prakiraan cuaca. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Masyarakat Indonesia di berbagai wilayah tengah merasakan hawa panas yang sangat menyengat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat beberapa kota di Indonesia mengalami suhu terpanas dibandingkan daerah lain.

BMKG merilis, ada 10 kota dan kabupaten terpanas di Indonesia. Inilah daftar kota/kabupaten terpanas di Indonesia menurut pantauan BMKG.

Daftar urutan 10 kota terpanas di Indonesia per Oktober 2023

1. Kota Semarang, Jawa Tengah
Menurut Stasiun Klimatologi Jawa Tengah, Semarang tercatat suhu tertinggi mencapai 36,6 derajat Celsius.

2. Kota Palembang, Sumatera Selatan
Kota Palembang, Sumatera Selatan, juga merasakan suhu tinggi, mencapai 36,4 derajat Celsius menurut pemantauan Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan.

3. Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Stasiun Meteorologi Kertajati melaporkan bahwa suhu tertinggi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, adalah 36,3 derajat Celsius.

4. Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Laporan dari Stasiun Meteorologi H As Hanandjoeddin mencatat bahwa suhu terpanas di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, adalah 36,1 derajat Celsius.

5. Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Selanjutnya, menurut Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, suhu terpanas di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mencapai 35,7 derajat Celsius.

6. Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin mencatat bahwa suhu tertinggi di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, adalah 35,6 derajat Celsius.

7. Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan
Suhu tertinggi di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menurut Stasiun Klimatologi Kalimantan Selatan, juga mencapai 35,6 derajat Celsius.

8. Kota Palu, Sulawesi Tengah
Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri melaporkan bahwa suhu tertinggi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, tercatat 35,6 derajat Celsius.

9. Surabaya, Jawa Timur
Menurut Stasiun Meteorologi Tanjung Perak, suhu terpanas di Surabaya, Jawa Timur, mencapai 35,5 derajat Celsius.

10. Tangerang Selatan, Banten
Balai Besar Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Wilayah II melaporkan bahwa suhu terpanas di Kota Tangerang Selatan, Banten, adalah 35,2 derajat Celsius.

Itu tadi kota/kabupaten terpanas di Indonesia per Oktober 2023. Semoga kamu bisa mengambil langkah-langkah pencegahan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi saat cuaca ekstrem seperti ini.

Ning S