blank

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang berhasil mendapatkan jumlah mahasiswa baru terbanyak diantara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah pada tahun akademik 2023-2024 ini.  “Alhamdulilah Unissula di tahun 2023 ini berhasil menjadi PTS dengan jumlah mahasiswa baru terbanyak yakni 7013 mahasiswa baru”, ungkap Rektor Prof Dr Gunarto SH MH (4/10/2023).

Capaian tersebut sangat disyukurinya. Mengingat Unissula berhasil terus tumbuh di saat resesi ekonomi global di tahun 2023 ini. Resesi yang terjadi pasca wabah Covid 19, adanya krisis energi dan pangan, perubahan iklim, ancaman PHK serta menurunnya daya beli masyarakat  yang berdampak pada semua sektor. Termasuk sektor dunia pendidikan tinggi.

Lebih lanjut Prof Gunarto menjelaskan ada beberapa aspek penting terkait capaian tersebut. Pertama hal itu harus dilihat anugerah yang harus disyukuri. “7013 mahasiswa baru tersebut merupakan sebuah anugerah yang harus disyukuri juga merupakan amanah dari orang tua mahasiswa yang harus senantiasa dijaga dengan memberikan konsep pendidikan terbaik”, lanjutnya.

Konsep pendidikan di Unissula mengintegrasikan ilmu sains dan ilmu agama. Unissula juga menerapkan konsep birrul walidain dengan mendidik para mahasiswanya untuk senantiasa berbakti dan menghormati orang tuanya, menghormati guru gurunya dan mencintai bangsa dan negaranya. Konsep pendidikan terbaik yang bisa menjadikan mahasiswa Unissula menjadi generasi terbaik (khaira ummah).

Yang kedua, saat ini Unissula semakin dipercaya masyarakat. “Alhamdulillah saat ini Unissula semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Hal itu harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan salah satunya dengan mempertahankan kwalitas dan mutu pendidikan”, ungkap Prof Gunarto. Ia menjelaskan Unissula saat ini sudah terakreditasi institusi unggul dari BAN PT. Demikian pula mayoritas prodinya juga sudah terakreditasi unggul di lingkup nasional dan internasional sehingga memiliki daya saing yang semakin tinggi.

Unissula juga mendapat pengakuan dari berbagai lembaga pemeringkatan universitas di dunia. Seperti dari Lembaga pemeringkatan universitas paling populer yakni Webometrics yang berbasis di Spanyol menempatkan Unissula sebagai universitas swasta terbaik di Kota Semarang. Unissula juga menduduki peringkat ke 10 PTS terbaik di Indonesia  dan menempati rangking ke 45 diantara PTN dan PTS dari kurang lebih  4.500 institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Unirank yang berbasis di Australia menempatkan Unissula di peringkat 56 perguruan tinggi berbasis Islam di dunia. Edurank yang berbasis di Amerika Serikat menempatkan Unissula sebagai kampus swasta terbaik di Semarang. Scimago Instuitutions Ranking yang berbasis di Spanyol menempatkan Unissula sebagai universitas peringkat ke 10 nasional di tahun 2023 ini.

Times Higher Education World University Ranking tahun 2024 yang baru saja dirilis dibulan Oktober ini,  Unissula masuk peringkat 27 PTN dan PTS Nasional. Menempati  peringkat 6 PTS se Indonesia serta menduduki peringkat 1 PTS di Jawa Tengah. Times Higher Education merupakan lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi yang berbasis di Inggris yang sangat dipercaya oleh berbagai stakeholder dunia pendidikan tinggi saat ini.

Yang ketiga capaian harus semakin memotivasi civitas akademika Unissula dalam mendedikasikan diri di dunia pendidikan tinggi serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sementara itu capaian perolehan mahasiswa baru PTS di Jawa Tengah peringkat 2 yakni UMS dengan jumlah 6793 mahasiswa baru.  USM peringkat 3 jumlah  4468.  UPGRIS peringkat 4  jumlah 3939. Udinus peringkat 5 jumlah 3517. UKSW peringkat 6 jumlah 3313. Unimus peringkat 7 jumlah  3245. Unwahas peringkat 8 jumlah 2245. Untag peringkat 9 jumlah  1947. Unika peringkat 10 jumlah 1500 dan Unisbank peringkat 11 jumlah 533.