blank
Ilustrasi tanaman rosemary yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Rosemary atau dengan nama latin Rosmarinus officinalis merupakan tanaman herbal yang berasal dari daratan Mediterania. Namun, tanaman herbal ini kini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini berasal dari dataran Mediterania, Eropa. Rosemary biasanya dipakai sebagai pengharum masakan ikan atau daging.

Dalam kehidupan sehari-hari, rosemary kerap digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Rosemary berdaun oval memanjang dan meruncing pada ujungnya. Sekilas, tanaman ini mirip pohon cemara.

Melansir laman WebMD, rosemary kaya akan fitokimia yang berguna menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit asma, hingga mengatur kinerja fungsi hati. Selain itu, senyawa lain dari tanaman rosemary seperti asam pantotenat, niasin, tiamin, folat, dan riboflavin juga luar biasa manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Seledri Sering Dijadikan Lalapan, Tapi Taukah Kamu Manfaatnya? Yuk Simak

Rosemary bisa mengatasi permasalahan lambung dan usus. Tanaman herbal ini bahkan diklaim mampu mengatasi penyakit pencernaan, seperti kram usus dan sembelit. Kandungan rosmarinic acid berpotensi sebagai terapi atau pengobatan gangguan saluran pencernaan.

Rosemary umumnya digunakan sebagai bumbu dapur dalam banyak masakan, seperti ketika memasak daging, sup ataupun makan lainnya. Namun, bumbu dapur yang memiliki aroma cukup khas ini ternyata juga memiliki banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan dan dunia medis. Dilansir dari Suara.com berikut merupakan 3 manfaat dari tanaman rosemary bagi tubuh.

1. Dapat Digunakan Sebagai Obat Kerontokan

Selain digunakan sebagai penyedap rasa, tanaman rosemary juga termasuk ke dalam tanaman herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Melansir dari penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “United Stated of America National Library of Medicine”, tanaman rosemary dapat berguna sebagai obat anti kerontokan pada rambut.

Baca Juga: Termasuk Tanaman Liar, Tapi Taukah Kamu Manfaat Tanaman Senggani Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Penggunaan rosemary dalam dunia pengobatan rambut ternyata sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Rosemary umumnya akan diambil minyak atau ekstraknya kemudian dibalurkan ke permukaan kulit kepala atau sebagai serum kesehatan rambut. Cara ini diyakini dapat memperkuat struktur batang dan akar rambut agar tidak mudah rontok.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Ekstrak dari tanaman rosemary ternyata juga diyakini memiliki kandungan yang berguna untuk menjaga kadar gula darah. Melansir dari situs halodoc.com, tanaman ini mengandung asam karnosik dan asam rosmarinic yang menyerupai enzim insulin. Senyawa inilah yang dapat membuat kadar gula dalam darah tetap stabil dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, tanaman rosemary juga mampu berperan sebagai zat anti oksidan guna menangkal radikal bebas. Tanaman herbal ini dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh dan mempercepat penyembuhan luka maupun penyakit tertentu.

Baca Juga: Selain Dijadikan Tanaman Hias, Ini 5 Manfaat Tanaman Teratai Bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Sistem Imun Pencernaan

Tanaman rosemary juga dapat berperan sebagai obat alami untuk menjaga sistem imun pada saluran pencernaan. Melansir dari artikel berjudul “Antioxidant activity of rosemary (Rosmarinus officinalis L.) essential oil and its hepatoprotective potential”, rosemary dapat merangsang pelepasan senyawa dalam kelenjar empedu yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan menjaga imun. Cara penggunaan tanaman ini sebagai obat imunitas dalam saluran pencernaan adalah dengan menambahkannya ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Nah, itulah beberapa manfaat dari tanaman rosemary yang berguna bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.