Ilustrasi tanaman liar Senggani yang kaya manfaat. Foto: Bibitbunga

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Senduduk/Senggani atau dengan nama latinnya Melastoma malabathricum L merupakan salah satu jenis gulma yang bermanfaat. Buah, bunga dan daun pada tumbuhan ini dimanfaatkan untuk obat dan pewarna alami makanan.

Senggani tumbuh liar di tempat-tempat dengan paparan sinar matahari yang cukup, seperti lereng gunung, tepi jurang, semak belukar, hingga pinggir hutan.

Daun Senggani adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat di bidang kesehatan salah satunya yaitu mampu mengobati penyakit diare, karena tanaman ini memiliki sifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan suatu bakteri.

Baca Juga: Cepat Panen dan Mudah Dibudidayakan, Ini Lima Jenis Tanaman yang Cocok

Senggani bahkan diyakini berkhasiat memperlancar produksi Air Susu Ibu (ASI). Bagian daun termuda senggani bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau hanya direbus untuk mengatasi rematik, radang sendi atau artritis, dan relaksasi pada kaki. Sementara, dedaun, biji, buah, dan akarnya terbukti ampuh untuk menetralkan racun.

Secara morfologi, tanaman senggani memiliki batang kayu yang dapat tumbuh setinggi 1,5 hingga 5 meter. Tiap helai daun senggani umumnya berwarna hijau dengan bentuk bulat telur sepanjang 2 hingga 20 cm dan lebar 1 sampai 8 cm. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bunga berwarna ungu kemerahan yang indah.

Meski tergolong tanaman liar, senggani kerap digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif karena mengandung senyawa fitokimia alami didalamnya. Seperti terpenoid, flavonoid, tanin, saponin, dan fenol.

Baca Juga: Tips Memberikan Pupuk Cair pada Tanaman

Dilansir dari Suara.com lantas, seperti apa pembahasan tentang manfaat tanaman senggani bagi kesehatan? Simak pembahasan berikut ini.

1. Bantu Menyembuhkan Luka

Ada beragam jenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, salah satunya adalah senggani. Bagian daun tanaman ini memiliki kandungan flavonoid yang bersifat antiinflamasi agar luka bisa cepat sembuh.

Selain itu, daun senggani mengandung tanin yang mampu menghentikan pendarahan, dan saponin yang berfungsi sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi bakteri. Caranya, ambil beberapa helai daun senggani dan tumbuk hingga sedikit halus. Setelah itu Anda bisa mengoleskannya pada luka terbuka.

Baca Juga: Sering Dianggap Tanaman Kurang Berguna, Ini Manfaat Lumut Yang Wajib Kamu Tahu

2. Mengatasi Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan peradangan yang terjadi akibat adanya luka atau ulkus pada dinding lambung. Penyakit ini biasanya perlu mendapatkan terapi medis berupa obat-obatan. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba alternatif maka daun senggani bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, ekstrak daun senggani yang mengandung flavonoid dan tanin akan membantu menyembuhkan luka dan peradangan lambung serta memberi perlindungan pada saluran pencernaan dari infeksi bakteri.

Caranya, rebus beberapa helai daun senggani yang telah dicuci bersih hingga mendidih. Kemudian, saring air rebusan tersebut dan minum sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Baca Juga:Selain Dijadikan Tanaman Hias, Ini 5 Manfaat Tanaman Teratai Bagi Kesehatan

3. Bantu Mengobati Kanker Payudara

Berdasarkan penelitian dari Asian Pacific Journal Tropical Biomedicine, menjelaskan bahwa ekstrak daun senggani memiliki efek sitotoksik yang dapat menghambat pertumbuhan sekaligus membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal lainnya.

4. Mengobati Diare

Sebuah studi dari Indian Journal of Pharmaceutical Science menemukan fakta bahwa ekstrak daun senggani dapat membantu memadatkan feses dan mengurangi frekuensi buang air besar.

Bahkan, ekstrak daun senggani juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli dan shigella sebagai penyebab utama diare.

Itulah tadi pembahasan tentang empat manfaat potensial daun senggani bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Claudia