blank
ilustrasi budidaya tanaman kangkung. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tanaman pangan adalah semua jenis tanaman yang di dalamnya mengandung karbohidrat serta protein sebagai sumber daya manusia. Tanaman pangan bisa juga disebutkan sebagai harga honda forzatanaman paling utama yang dikonsumsi manusia sebagai makanan untuk berikan konsumsi daya untuk badan.

Memang tidak dapat dipungkiri usaha pertanian ini sangat menggiurkan dan dengan melakukan usaha ini bisa mendapatkan keuntungan yang besar sama seperti usaha bidang yang lainnya.

Akan tetapi, bagi yang ingin mendapatkan keuntungan lebih cepat bisa dengan cara membudidayakan tanaman yang cepat panen. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi petani pemula yang ingin mendapatkan laba lebih tinggi dalam waktu cepat.

Baca Juga: Tips Memberikan Pupuk Cair pada Tanaman

Selain dengan pemupukan, cara untuk mempercepat tumbuh kembang tanaman dapat di lakukan dengan pemberian hormon. Hormon ini bukanlah unsur hara namun dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Selain itu, memilih tanaman yang lebih cepat panen pun bisa dilakukan budidaya dengan tepat. Dilansir dari Suara.com, budidaya tanaman yang cepat panen ini pun harus dilakukan dengan benar agar supaya hasil panen yang didapatkan lebih banyak.

Dalam melakukan budidaya tanaman itu sendiri dibutuhkan pemilihan bibit yang berkualitas, penanaman, pemeliharaan dan hingga saat panen tiba. Melansir dari laman dinastph.lampungprov.go.id, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang cepat panen dan mudah dibudiayakan.

Baca Juga: Sering Dianggap Tanaman Kurang Berguna, Ini Manfaat Lumut Yang Wajib Kamu Tahu

1. Kangkung

Kangkung adalah salah satu jenis tanaman yang mudah ditanam di musim apa pun. Kangkung pun bisa dipanen hingga umur tiga minggu sejak penanaman biji. Apalagi kangkung bisa ditanam di lahan sempit di sekitar rumah dan cara menanamnya pun bervarisai salah satunya adalah hidroponik. Dengan membudidayakan kangkung secara hidroponik ini, kalian pun bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

2. Bayam

Tanaman bayam bisa tumbuh subur di tempat yang teduh dan berada di bawah sinar matahari. Kemudian, bayam bisa ditanam dalam ruangan yang dekat dengan ambang jendela. Pasalnya, jika bayam ditanam di dalam pot, maka sebaiknya menggunakan pot yang ukuran sekitar 6 hingga 8 inci.

3. Selada

Tanaman selada juga mudah dipanen karena mudah tumbuh dan ditanam dengan cara konvensional ataupun hidroponik. Kemudian, sayuran selada ini mempunyai tekstur renyah dan rasanya pun segar sehingga banyak orang menjadikanya sebagai lalapan.

Baca Juga: Selain Dijadikan Tanaman Hias, Ini 5 Manfaat Tanaman Teratai Bagi Kesehatan

4. Bawang merah dan putih

Dalam setiap masakan pasti membutuhkan bawang merah dan putih untuk menambah cita rasanya.

Tak heran jika kebutuhan permintaan bawang merah dan putih ini kian meningkat apalagi gampang panen. Faktor inilah mengapa bawang merah dan putih sangat menguntungkan jika membudidayakannya.

Akan tetapi, hal yang perlu diwaspadai adalah musim dan juga harga jualnya. Jika salah memilih musim dan juga waktu penanamannya bisa mengalami kerugian.

5. Sawi hijau

Sawi hijau ini dalam budidayanya tidak membutuhkan sinar matahari banyak. Kemudian, sayuran sawi hijau ini pun lebih cocok ditanam pada tempat dengan intensitas cahaya sekitar 3 hingga 4 jam sehari. Dengan lokasi tempat yang lembab dan mempunyai unsur hara sangat dibutuhkan agar sayuran sawi hijau ini bisa cepat tumbuh.

Itulah tadi beberapa jenis tanaman sayuran yang mudah dibudidayakan dan cepat panen. Semoga bermanfaat.

Claudia