ilustrasi teratai kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teratai atau lotus dengan nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo.

Teratai merupakan tanaman air yang unik. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.

Selain itu, batang, biji, daun, dan bunga teratai juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Biasanya, bunga teratai digunakan untuk mengobati diare, infeksi, batuk, tekanan darah tinggi, dan demam.

Baca Juga: Dibuang Sayang, Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Bisa

Karena hidup di perairan, maka teratai ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang lembab dengan memiliki daun yang lebar dan tipis. Jadi, daun yang lebar dan tipis ini berfungsi agar penguapan air dapat terjadi dengan cepat dan muda.

Teratai atau lotus banyak dimanfaatkan untuk membuat obat, termasuk untuk meredakan batuk, demam, hingga perdarahan.

Manfaat yang Anda dapatkan dari mengkonsumsi lotus root powder adalah dapat menjadi makanan diet yang aman dikonsumsi, dapat memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya, karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein membuat rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Selain dijadikan tanaman hias, teratai memiliki senyawa fitokimia alami serta zat gizi yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

1. Mengatasi Sembelit

Akar teratai (lotus root) mengandung serat tidak larut yang bisa melembutkan feses agar lebih mudah dikeluarkan. Itu berarti, akar teratai bisa digunakan sebagai salah satu pengobatan pada kasus sembelit atau konstipasi. Caranya terbilang mudah, Anda hanya perlu mengolah akar teratai dengan cara direbus atau ditumis, lalu konsumsi secara teratur.

2. Menjaga Berat Badan

Sebuah peneelitian limiah dari Nutrition Research (2014) menunjukkan bahwa ekstrak akar teratai dapat mengurangi massa jaringan lemak pada kasus obesitas. Tak hanya itu, bagian daun dan bunga teratai juga memiliki efek antiobestias pada sel manusia. Khasiat ini disinyalir bisa mencegah akumulasi lipid dalam sel hingga menurunkan kadar kolesterol darah.

Baca Juga: Kaya akan Zat Besi, Ini 6 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

3. Mengatasi Diare

Biji teratai telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Pasalnya, biji teratai memiliki efek antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan Salmonella sp., E. coli, maupun S. aureus.

Untuk mendapatkan manfaat baik ini, Anda cukup merendam biji teratai dalam segelas air hangat selama beberapa jam. Kemudian buang bijinya, lalu minum air rendaman sampai habis. Bila perlu Anda juga bisa memambahkan sedikit gula atau madu sebagai penambah rasa.

4. Mengatasi Perdarahan

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, daun dan akar teratai sering digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi perdarahan, seperti muntah darah, mimisan, batuk darah, kencing berdarah, atau perdarahan vagina yang tidak terkait dengan siklus menstruasi.

5. Memberikan Efek Relaksasi

Selain bentuk dan warnanya yang indah, bunga teratai juga memiliki aroma harum yang bisa diekstrak dalam bentuk minyak esensial. Nantinya, minyak esensial ini bisa diteteskan pada diffuser sebagai media relaksasi untuk mengatasi stres, depresi, atau kecemasan.

Itulah tadi pembahasan tentang lima manfaat potensial teratai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Claudia