blank
Kulit buah jeruk. (Ilustrasi). Foto: Pinteres

MUNGKIN banyak yang kurang ngeh, bila ternyata ada beberapa jenis buah ada yang dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya, misalnya jambu, anggur, tomat, dan apel.

Tetapi ada beberapa buah yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya, seperti buah durian, rambutan, buah jeruk, dan lain-lain. Biasanya saat mengonsumsi buah jeruk kulitnya langsung dibuang.

Tidak banyak yang tahu jugam, bahwa tentunya sudah mengetahui bahwa buah jeruk mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tak hanya buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk pun ternyata juga dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari–hari. Bahkan ada juga yang mengolahnya untuk dijadikan makanan.

Tetapi kali ini kita bahas kulit buah jeruk yang bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan aroma barang-barang kita. Caranya adalah kulit jeruk yang masih utuh diberi garam, lalu diletakkan di dalam kulkas. Garam berguna untuk menyerap aroma tidak sedap yang berasal dari kulkas, sedangkan kulit jeruk akan memberikan aroma segar.

  1. Kulit jeruk dapat dikeluarkan dari kulkas jika garam di dalamnya sudah basah atau lembap.
  2. Menyegarkan aroma oven
  3. Kulit jeruk juga dapat digunakan untuk menghilangkan aroma bekas daging dan ikan pada oven. Caranya cukup mudah hanya dengan memasukkan kulit jeruk ke dalam oven, kemudian nyalakan oven dengan suhu 170–180 derajat celcius. Jika oven memanas, kulit jeruk akan menebarkan aroma segar dalam oven.
  4. Memberi aroma kesegaran pada lemari. Kulit jeruk dapat digunakan untuk menyegarkan aroma lemari pakaian. Caranya cukup dengan meletakkan kulit jeruk dalam wadah dan mengganti saat kulit jeruk sudah kering.
  5. Berguna untuk membersihkan logam. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai pembersih logam. Misalnya, keran pencuci piring dan juga peralatan masak yang terbuat dari logam.
  6. Mengangkat lemak pada peralatan masak.
  7. Membantu membersihkan kayu Kulit jeruk dapat digunakan untuk membersihkan benda yang terbuat dari kayu. Seperti permukaan meja dan lemari.

Caranya adalah dengan mencampurkan kulit jeruk dengan cuka dalam wadah dan biarkan selama dua minggu. Kemudian saring dan sisihkan kulit jeruknya. Cairan tersebut dapat disemprotkan ke benda yang terbuat dari kayu.

  1. Mengusir nyamuk. Aroma kulit jeruk yang menyegarkan bagi kita ternyata tidak disukai nyamuk, kecoa, dan juga semut. Kulit jeruk mempunyai senyawa lemonene yang beracun bagi nyamuk, kecoa, dan serangga lainnya.

Caranya cukup dengan meletakkan kulit jeruk di sudut–sudut rumah yang sering didatangi serangga.

Selamat mencoba

Aninda Eka Rahayu