blank
Ilustrasi tanaman seledri yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tanaman seledri atau dengan nama lain Apium graveolens termasuk dalam keluarga Umbelliferae, tanaman yang sering dijadikan herba atau tanaman berkhasiat obat. Daun seledri dikonsumsi sebagai lalapan dan penghias hidangan.

Bijinya dijadikan bahan penyedap dan ekstrak minyak seledri dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini memiliki aroma khas yang berasal dari senyawa sedanolide dan n-butylphthalide.

Daun seledri merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk organ ginjal. Salah satu manfaat seledri untuk ginjal adalah menghalau masuknya racun.

Baca Juga:Termasuk Tanaman Liar, Tapi Taukah Kamu Manfaat Tanaman Senggani Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Daun seledri yang tinggi serat dan sifat antioksidan dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan. Daun seledri juga memiliki kandungan polisakarida berbasis pektin yang bisa membantu melancarkan pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Disamping itu, seledri mengandung beragam jenis zat gizi dan antioksidan, seperti kalium, natrium, zinc, asam folat, vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Kandungan tersebut dinilai ampuh untuk menjagan kesehatan tubuh, terutama rambut dan kulit kepala Anda. Dilansir dari Suara.com nah untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut.

1. Bantu Atasi Kerontokan Rambut

Daun seledri kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam mengatur produksi sebum atau minyak alami pada kulit, termasuk pada kulit kepala. Selain itu, kandungan vitamin K yang terdapat pada daun seledri mampu menjaga sirkulasi oksigen dan zat gizi pada rambut.

Baca Juga: Lidah Buaya, Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Alhasil, kelembapan dan kekuatan rambut dapat terjaga dengan baik dan kerontokan bisa cepat teratasi.

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain mengatasi kerontokan, daun seledri juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Pasalnya, kandungan vitamin E dalam tanaman aromatik ini memiliki efek antioksidan yang dapat melindungi sel kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas serta meningkatkan sirkulasi darah menuju folikel rambut.

3. Bantu Atasi ketombe

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe, maka daun seledri bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya. Sebab, kandungan vitamin C pada daun seledri terbukti ampuh melawan bakteri serta mengurangi peradangan yang menjadi penyebab munculnya ketombe pada rambut.

Baca Juga:Seringkali Dibuang, Ini 3 Manfaat Kulit Durian yang Wajib Kamu Tahu

4. Mencegah Ujung Rambut Bercabang

Daun seledri memiliki kadar air yang relatif tinggi, yakni mencapai 95 persen dari berat totalnya. Itu berarti, daun seledri mampu memberikan kelembapan sekaligus mencegah ujung rambut bercabang.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari daun seledri, Anda bisa mengolahnya menjadi masker rambut dengan tambahan minyak kelapa, atau menggunakan sampo dengan ekstrak daun seledri. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jus daun seledri yang bisa dibuat sendiri dirumah.

Itulah tadi pembahasan tentang empat manfaat daun seledri untuk rambut dan kulit kepala. Semoga bermanfaat!

Claudia