blank
Ilustrasi buah durian yang kaya manfaat. Foto: Pexels

SEMRANG (SUARABARU.ID)- Saat menikmati buah durian umumnya orang hanya memanfaatkan bagian daging buahnya yang lembut dan memiliki aroma khas. Sedangkan bagian lain seperti biji dan kulitnya umumnya akan dibuang.

Limbah kulit durian selama ini tidak dimanfaatkan dengan baik, karena karakternya yang sulit terurai sehingga berpotensi menjadi salah satu limbah hayati yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Kulit durian mengandung kandungan pati, pektin, minyak atsiri, flavonoid, saponin, unsur selulosa, lignin, serta senyawa ethanol.

Baca Juga: Sering Dianggap Tidak Berguna, Yuk Simak 3 Manfaat Limbah Sisik Ikan

Namun, tahukah kamu ternyata bagian kulit durian yang sering dianggap sampah ternyata memiliki beragam manfaat. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat dari kulit durian yang perlu kamu ketahui.

1. Bahan Pupuk Kompos

Salah satu manfaat dari kulit durian adalah dapat menjadi bahan baku pupuk kompos organik. Melansir dari artikel jurnal “Agrotrop” yang ditebitkan oleh Universitas Udayana, Bali, kulit durian mengandung senyawa alami seperti kalium, magnesium, vitamin dan beberapa mineral lainnya yang dapat berfungsi sebagai penyubur tanaman.

Penggunaan pupuk kompos dari kulit durian ini disarankan juga dilakukan bersamaan dengan penggunaan pupuk anorganik agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga:Dianggap Kurang Berguna, Ini 4 Manfat Limbah Kulit Pisang

2. Bahan Baku Pestisida Organik

Kulit durian juga dapat berguna sebagai bahan anti hama atau pestisida organik. Melansir dari sebuah artikel dalam jurnal “Biology Science & Education”, kulit durian yang terkenal cukup keras ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pestisida organik. Kulit durian mengandung kandungan flavonoid, lignin dan saponin yang dapat menghalau hama seperti lalat dan ulat ke tanaman.

Pembuatan pestisida tersebut relatif cukup mudah. Kulit durian yang telah dibersihkan dan direbus kemudian dikeringkan. Lalu, kulit durian tersebut dihancurkan dan direndam ke dalam air yang telah diberi sedikit garam, potongan daun sirsak yang kemudian ditutup dengan rapat untuk membantu proses fermentasi. Tunggu selama 5-7 hari maka pestisida tersebut siap digunakan.

3. Campuran Pakan Ternak

Kulit durian yang seringkali dianggap sampah ternyata dapat digunakan sebagai bahan campuran pakan ternak. Melansir dari artikel dalam jurnal “Jurnal Nutrisi Ternak Tropis dan Ilmu Pakan”, kulit durian memiliki kandungan protein nabati, serat, selulosa, beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak.

Kulit durian tersebut bisa dijadikan pakan ternak seperti sapi, kambing dan domba dengan cara digiling halus menggunakan dedak ternak dan beberapa bahan campuran lainnya. Pemberian pakan dari kulit durian ini bisa dikombinasikan dengan pemberian pakan seperti dedauan atau rumput guna meningkatkan hasil ternak.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kulit durian yang jarang diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia