blank
Ilustrasi limbah sisik ikan yang kaya manfaat. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABRU.ID)- Ikan menjadi salah satu sumber protein dan gizi bagi masyarakat Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, mengonsumsi ikan juga diyakini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sisik ikan merupakan limbah yang belum dimanfaatkan dengan optimal. Sisik ikan dalam skala industri (diperoleh dari industri fillet ikan) dapat dimanfaatkan sebagai sumber kolagen, sedangkan dalam skala rumah tangga biasanya hanya dibuang.

Sisik merupakan lapisan terluar dari kulit yang berfungsi sebagai barrier yang mencegah masuknya senyawa asing ke dalam tubuh ikan.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Masker Spirulina Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Sisik merupakan limbah pengolahan ikan yang umumnya tidak dimanfaatkan. Sisik ikan mengandung komponen gizi, antara lain 70% air, 27% protein, 1% lemak, dan 2% abu. Protein merupakan komponen terbesar dalam sisik ikan.

Namun, dibalik beragam nilai positif tersebut ternyata terdapat permasalahan lain yang ditimbulkan. Konsumsi ikan yang tinggi juga rawan akan tingginya limbah dari ikan seperti sisik.

Sisik ikan ini umumnya akan langsung dibuang karena dianggap tidak berguna. Akan tetapi, ternyata sisik ikan ini dapat dimanfaat untuk keperluan lainnya. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat dari sisik ikan.

Baca Juga: Dapat Menjaga Kesehatan Mata, 4 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

1. Campuran Pakan Ternak

Sisik ikan yang kerap kali dianggap tidak berguna ternyata dapat digunakan sebagai campuran pakan ternak. Melansir dari situs biologi.ugm.ac.id, sisik ikan yang kaya akan protein, kalsium dan kolagen dapat digunakan sebagai campuran bahan pakan ternak seperti ayam.

Campuran ini umumnya dengan cara mencuci terlebih dahulu limbah sisik ikan kemudian dimasak dengan cara direbus. Lalu, sisik ikan tersebut digiling dengan menggunakan dedak pakan sehingga menjadi pakan ternak untuk unggas.

2. Pupuk Cair Organik

Selain dapat digunakan sebagai campuran pakan ternak, sisik ikan juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair organik yang ramah lingkungan. Melansir dari situs undip.ac.id, sisik ikan mengandung banyak nutrisi yang cukup baik bagi tanaman. Beberapa nutrisi tersebut antara lain, kalsium, fosfor, natrium dan kalium.

Baca Juga: Lima Manfaat Minyak Almond Bagi Kecantikan Yang Wajib di Coba

Cara pmbuatannya pupuk cair ini cukup sederhana. Siapkan sisik ikan yang telah dicuci dan dikeringkan kemudian haluskan dengan alat. Campuran sisik ikan ini bisa juga ditambah dengan jeroan ikan agar menambah kandungan nutrisi pupuk tersebut. Lalu, masukkan sisik ikan yang telah dihaluskan tersebut ke dalam air steril dan simpan di tempat tertutp selama 7-14 hari. Jangan lupa tambahkan larutan probiotik guna membantu proses fermentasi.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi

Sisik ikan dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan tinggi kolagen dan kalsium. Melansir dari situs unair.ac.id, dalam sebuah penelitian menyebutkan kandungan sisik ikan dapat dimanfaatkan sebagai obat penguat tulang dan penyembuhan luka.

Hal ini karena kandungan kolagennya dapat memperkuat kepadatan tulang. Meskipun hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut sebagai obat, akan tetapi dengan mengonsumsi sisik ikan yang telah diolah dipercaya dapat memperoleh manfaat ini secara alami.

Nah, itulah beberapa manfaat dari sisik ikan yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia