blank
ilustrasi tidur dalam keadaan lampu mati. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidur dengan kondisis yang gelap atau lampu dimatikan,ini memberikan sinyal pada tubuh bahwa ini merupakan waktu tidur, sehingga tidur kamu menjadi berkualitas. Kalau tidur dengan lampu menyala, otak tidak akan memproduksi hormon melantonin sebab ia bingung apakah kini waktu malam atau siang.

Tidur yang berkualitas merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Selain durasi tidur yang cukup, lingkungan tidur yang nyaman juga memainkan peran besar dalam memastikan istirahat yang baik.

Dilansir dari Suara.com, salah satu kebiasaan yang bisa membantu menciptakan lingkungan tidur yang ideal adalah mematikan lampu saat tidur.

Dilansir dari laman Comfort Lights, berikut ini ada beberapa manfaat yang signifikan dari mematikan lampu saat tidur. Yuk disimak!

Baca Juga:Tips Agar Anak Mau Tidur Siang

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mematikan lampu saat tidur membantu tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan yang lebih gelap. Cahaya, terutama cahaya terang seperti cahaya lampu, dapat mengganggu ritme alami tubuh kita yang dikenal sebagai sirkadian rhythm.

Cahaya terang dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Dengan mematikan lampu, kita memfasilitasi pelepasan melatonin yang lebih alami, sehingga meningkatkan kualitas tidur dan membuat kita lebih siap menghadapi hari esok.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Terpapar terlalu lama pada cahaya terang terutama di malam hari, dapat memberi dampak buruk pada kesehatan mata kita. Mata perlu istirahat dari paparan cahaya yang intens. Mematikan lampu saat tidur membantu mata beristirahat dengan lebih baik, juga dapat mengurangi risiko mata kering dan iritasi.

Baca Juga: Tips Ampuh Untuk Bunda Agar Sikecil Mau Tidur Siang

3. Mengurangi Gangguan Tidur

Cahaya yang masuk ke kamar tidur dari luar, seperti lampu jalan atau cahaya dari tetangga bisa mengganggu waktu tidur kita. Mematikan lampu di dalam kamar dapat membantu mengurangi gangguan ini dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman untuk tidur.

4. Menghemat Energi dan Lingkungan

Mematikan lampu saat tidur juga merupakan kontribusi kita dalam upaya menghemat energi dan menjaga lingkungan. Kebiasaan ini membantu mengurangi konsumsi listrik yang tidak perlu, membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mengurangi biaya energi.

Mematikan lampu saat tidur adalah praktik sederhana namun memiliki manfaat yang signifikan bagi kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, mari kita jadikan kebiasaan mematikan lampu saat tidur sebagai bagian penting dari rutinitas tidur kita yang sehat. Yuk, bisa di mulai hari ini!

Claudia