Lontong sayur Padang Lima. Foto: Dok/Trackpacking

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Semarang memang terkenal sebagai kota kuliner. Berbagai menu makanan kuliner tersaji di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat maupun para wisatawan.

Di Semarang, ada menu makanan “lontong sayur” yang rasanya sangat nikmat. Makanan ini cocok sekali disantap saat sarapan pagi maupun siang hari.

Lontong sayur ini disajikan di dalam piring yang berisi irisan lontong, sayur labu siam, tempe, tahu, telur rebus, ayam, sambal dan kerupuk dengan kuah yang khas dan kental. Maka dari itu disebut lontong sayur.

Perlu diketahui, lontong merupakan makanan dari Indonesia dari beras yang berkembang oleh masyarakat Jawa. Lontong sendiri terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam.

Lontong banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia sebagai pengganti nasi putih. Walau dibuat dari beras, lontong memiliki aroma yang khas.

Ada 5 rekomendasi lontong sayur yang terkenal paling enak di Semarang dan jadi favorit masyarakat.

1. Lontong Sayur Padang Lima

Lontong Sayur Padang Lima berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, Jawa Tengah 50241. Setiap harinya buka mulai jam 06.00 – 09.30 WIB.

2. Lontong Sayur Hayam Wuruk

Berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No.42f, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, Jawa Tengah 50241, Lontong Sayur Hayam Wuruk buka mulai jam 06.00 – 11.00 WIB.

3. Lontong Sayur Abimanyu

Lontong Sayur Abimanyu ini setiap hari buka jam 06.00 – 20.00 WIB berada di Jalan Abimanyu VII No.10, Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131.

4. Lontong Sayur Si Ndut

Lontong Sayur Si Ndut ini berlokasi di Jalan Abimanyu Raya, Pindrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Setiap harinya buka mulai 07.00 – 15.00 WIB

5. Lontong Sayur Padang Erlangga

Lontong sayur yang berada di Jalan Erlangga Barat 7, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, Jawa Tengah 50241 ini buka setiap hari mulai jam 05.00 – 10.30 WIB.

Itulah rekomendasi lontong sayur paling enak khas Semarang yang menjadi menu favorit masyarakat. Kamu harus coba!

Ning S