blank
Ilustrasi masker spirulina yang baik bagi kecantikan wajah. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Spirulina merupakan nama bagi salah satu bentuk makanan tambahan yang mirip kepada Chlorella dan Aphanizomenon flos-aquae. Spirulina adalah sejenis ganggang yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi gejala alergi.

Meski lebih dikenal sebagai ganggang biru-hijau, spirulina biasanya tumbuh di air tawar seperti danau terbuka yang hangat dengan alkalinitas tinggi dan dapat terkontaminasi ganggang biru-hijau lainnya yang menghasilkan racun (microcystins).

Spirulina dipercaya dapat memberikan beragam manfaat, seperti meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan jantung, hingga meredakan gejala alergi. Spirulina juga mengandung kolin, folat, antioksidan serta mineral dan vitamin, seperti magnesium, zinc, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E, yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Manfaat Air Mawar Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Berbagai antioksidan yang terdapat di dalam spirulina dapat membantu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, penuaan, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya akibat efek radikal bebas pada sel-sel tubuh dan DNA.

Selain dikonsumsi dalam bentuk utuh atau dijadikan suplemen makanan, spirulina juga bisa diolah menjadi masker alami yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Dilansir dari Suara.com lantas, seperti apa penjelasan tentang manfaat masker spirulina bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah ini? Berikut empat diantaranya.

1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh manusia ikut menurun. Alhasil, kulit akan tampak kendur akibat kehilangan elastisitasnya. Spirulina mengandung sejumlah asam amino yang mampu meningkatkan produksi kolagen dengan merangsang pembentukan sel fibroblas.

Baca Juga: Dapat Merawat Kecantikan Alamimu, Ini 5 Manfaat Tepung Maizena Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Itu berarti, dengan rutin menggunakan masker spirulina, kulit wajah akan kembali elastis dan kencang.

2. Mencegah Penuaan Dini

Polusi udara dari asap rokok, pabrik, dan kendaraan tergolong radikal bebas yang bisa memicu penuaan dini. Beberapa gejala yang timbul berupa garis-garis halus, kerutan, dan keriput.

Penggunaan masker spirulina dinilai bisa mengatasi masalah ini. Pasalnya, spirulina mengandung antioksidan seperti beta karoten dan pigmen phycocyanin yang mampu mencegah serangan radikal bebas.

Baca Juga:Meredakan Jerawat, Ini 6 Manfaat Aloe Vera bagi Kecantikan

Tak hanya itu, kandungan enzim yang terdapat pada spirulina dapat melindungi DNA dan membantu kulit terlihat lebih sehat dan cerah secara alami.

3. Membantu Proses Detoksifikasi

Masker spirulina dapat membantu tubuh membersihkan racun dan mengurangi reaksi inflamasi. Sebab, spirulina mengandung sejumlah vitamin, zat besi, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu membuang kotoran dan mempercepat penyembuhan luka akibat inflamasi. Selain itu, efek anti inflamasinya juga mampu mengobati jerawat akibat bakteri dan minyak berlebih.

4. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Anda juga bisa memanfaatkan masker alami dari spirulina untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Sebab, mikroalga satu ini bersifat antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas sekaligus membantu memperbaiki jaringan kulit. Kedua manfaat baik tersebut akan mendorong pertumbuhan sel-sel baru di bawah permukaan kulit.

Itulah tadi pembahasan tentang empat manfaat masker spirulina bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Claudia