blank
ilustrasi tepung maizena yang kaya manfaat untuk kecantikan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tepung maizena merupakan tepung yang terbuat dari endosperma biji jagung. tepung ini sering jadi bahan pengental dalam makanan seperti saus, sup, dan semur. Beberapa juru masak juga menggunakan tepung ini sebagai pengganti tepung lain untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan dalam resep tertentu.

Tepung maizena pada umumnya mengandung 74-76% amilopektin dan 24-26% amilosa. Beberapa sifat pati jagung adalah mempunyai rasio yang tidak manis, tidak larut pada air dingin tetap dalam air panas dapat membentuk gel yang bersifat kental sehingga dapat mengatur tekstur dan sifat gelnya.

Selain dari proses pembuatan, perbedaan utama terletak pada rasa, tekstur, bahkan manfaat kesehatan yang ditawarkan. Namun tahukah Anda bahwa tepung maizena juga memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kulit dan rambut?

Baca Juga: Dapat Membantu Mencegah Kanker, Ini 4 Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan

Tepung maizena mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk merawat kecantikan alami Anda. Dilansir dari laman vedaoils, berikut adalah lima manfaat tepung maizena untuk perawatan kulit dan rambut.

1. Pengontrol Minyak Berlebih

Bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, tepung maizena dapat menjadi solusi efektif untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Campuran masker wajah dengan tepung maizena dapat membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Caranya, campurkan beberapa sendok tepung maizena dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kulit Anda akan terasa lebih segar dan matte.

Baca Juga: Cocok Untuk Diet Sehatmu, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Lemon

2. Perawatan Jerawat

Tepung maizena juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan akibat jerawat. Kandungan anti-inflamasi dalam tepung maizena dapat meredakan iritasi kulit.

Campurkan tepung maizena dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada area yang bermasalah. Diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air. Penggunaan teratur dapat membantu memperbaiki tampilan kulit yang berjerawat.

3. Pelembap Alami

Tepung maizena mengandung bahan-bahan yang membantu menjaga kelembapan kulit. Anda dapat mencampurkan tepung maizena dengan sedikit madu dan yogurt alami untuk membuat masker pelembap. Masker ini akan memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda dan membantu menjaga elastisitas kulit.

Baca Juga: Lima Alasan Wajib Menjaga Perawatan Kulit Wajah Bagi Kesehatan Mental

4. Dry Shampoo Alami

Tidak memiliki waktu untuk mencuci rambut? Tepung maizena bisa menjadi solusi sementara sebagai dry shampoo alami. Tepung maizena dapat menyerap minyak berlebih pada kulit kepala, memberikan kesan rambut terlihat lebih segar dan bersih.

Taburkan sedikit tepung maizena pada akar rambut Anda biarkan sebentar, kemudian sisir rambut Anda untuk menghilangkan sisa tepung.

5. Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Selain perawatan kulit dewasa, tepung maizena juga bermanfaat untuk perawatan kulit bayi. Tepung maizena dapat membantu mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi. Sebelum mengganti popok, taburkan sedikit tepung maizena pada kulit yang lembap untuk membantu menjaga kulit bayi tetap kering dan bebas iritasi.

Setiap orang memiliki jenis kulit dan kondisi yang berbeda-beda. Sebelum mencoba penggunaan tepung maizena atau bahan alami lainnya untuk perawatan kulit dan rambut, sebaiknya lakukan uji coba kecil pada area kecil kulit terlebih dahulu untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi yang mungkin terjadi.

Claudia