blank
Ilustrasi bunga melati yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bunga melati atau dengan nama lain Jasminum, merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki aroma harum yang khas berkat kandungan minyak atsiri dan senyawa aromatik di dalamnya. Bunga ini juga sering digunakan dalam ritual adat karena identik dengan hal-hal mistis.

Bunga Melati juga mempunyai manfaat untuk obat tradisional karena mempunyai kandungan kimia yaitu indol, benzyl serta liyalylacetaat. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar serta bunga. Sesak nafas ini disebabkan bisa karena pilek maupun asma.

Tak hanya itu, sebagian masyarakat kita menggunakan bunga melati sebagai media pengobatan herbal yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Selain Membantu Melancarkan Peredaran Darah, Ini 5 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Pasalnya, bunga melati memiliki kandungan fitokimia alami berupa katekin, polifenol, dan flavonoid yang telah teruji secara ilmiah. Lantas, seperti apa manfaat yang ditawarkan oleh bunga melati bagi kesehatan? Berikut empat diantaranya.

1. Bantu Cegah Kanker

Kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol pada bunga melati memiliki peranan penting dalam mencegah kanker. Sebab, antioksidan tersebut akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas pemicu kanker, terutama polusi udara.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah, Anda cukup membeli bunga melati yang telah diolah menjadi teh herbal dan dikonsumsi secara berkala, setiap satu atau dua kali per minggu sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Selain Wangi Hingga Cocok untuk Diet, Ini 5 Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

2. Bantu Jaga Kesehatan Mulut

Bunga melati memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mulut dari infeksi bakteri. Pasalnya, senyawa fitokimia alami berupa katekin memiliki efek antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan Streptococcus mutans sebagai bakteri pembentuk plak dan gigi berlubang.

Meski begitu, penggunaan melati untuk menjaga kesehatan mulut harus dibarengi dengan kebiasaan baik lainnya, seperti menyikat gigi minimal 2 kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Setelah itu, barulah Anda menggunakan air rebusan bunga melati sebagai obat kumur.

3. Bantu Atasi Stres dan Depresi

Bagi Anda yang sedang stres akibat tekanan pekerjaan atau hal lainnya, cobalah menggunakan bunga melati untuk bantu meredakannya. Sebab, bunga melati mengandung senyawa aromatik berupa benzil alkohol, linalool, dan indole yang mampu menenangkan saraf dengan baik. Alhasil, gejala stres ataupun depresi bisa mereda.

Baca Juga: 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Selain itu, menghirup aroma bunga melati akan merangsang sistem saraf parasimpatik, yang bertanggung jawab dalam mengatur respons istirahat tubuh. Aktifnya parasimpatik ini dapat memberikan perasaan lega, rileks, dan damai.

4. Meningkatkan Gairah Seks

Aroma harum yang menyengat dari bunga melati juga bisa meningkatkan gairah seks seseorang. Penelitian ilmiah dari Pharmacological and Medicinal Value of Jasmine menyebutkan bahwa aroma yang elegan dan memikat dari bunga melati bisa meningkatkan aliran darah ke area kelamin, sehingga aktivitas seks terasa lebih menyenangkan dan tahan lama.

Untuk mendapatkan manfaat baik ini, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes ekstrak bunga melati pada diffuser aromaterapi atau parfum wangi melati.

Itulah tadi empat manfaat potensial bunga melati bagi kesehatan, seperti dilansir pada laman Mayoclinic.org, ncbi.nlm.nih.gov, dan researchgate.net. Semoga bermanfaat!

Claudia