blank
Ilustrasi bunga pepaya. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pepaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki fungsi luar biasa. Hampir semua bagian pohonnya, bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Mulai dari daun, buah hingga bunganya.

Bahkan, bunga pepaya atau yang sering disebut sebagai bunga kates juga memiliki manfaat yang tak kalah dibandingkan dengan buah pepaya atau pun daunnya. Bunga pepaya telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Sebab, bunga pepaya mengandung berbagai zat yang bersifat antibakteri serta antioksidan.

Bunga pepaya membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Karena salah satu kandungan nutrisi yang ada di dalam bunga pepaya memiliki sifat pengencer darah. Hal ini dapat membantu jantung memompa darah pada tingkat normalnya dan secara tidak langsung meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Cocok Jadi Hiasan Rumah, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Kaktus yang Mudah di Rawat

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini terkait manfaat bunga pepaya yang telah dilansir dari alodokter serta honestdocs.

1. Melindungi saluran pencernaan dari infeksi bakteri

Bunga pepaya memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri. Oleh sebab itu, bunga pepaya dipercaya mampu melindungi saluran pencernaan dari infeksi bakteri, seperti E. coli serta S. aures.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Bunga pepaya memiliki kandungan antioksidan yang diketahui baik untuk memperkuat imunitas tubuh. Sehingga, mengonsumsi bunga pepaya maka tubuh akan terlindungi dari berbagai infeksi kuman serta virus yang menyebabkan penyakit. Antioksidan yang terdapat bunga pepaya, juga mampu menangkal radikal bebas yang berlebihan pada tubuh.

Baca Juga: Cocok Jadi Hiasan Rumah, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Kaktus yang Mudah di Rawat

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lainnya dari bunga pepaya adalah mampu mengontrol tekanan darah. Hal ini berkat kandungan flavonoid yang memiliki efek antioksidan. Selain itu, bunga pepaya juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Meski begitu, untuk penting sekali menerapkan gaya hidup sehat.

4. Baik untuk penderita diabetes

Bunga pepaya bisa diolah menjadi sayur yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau obesitas. Sebab, kandungan karbohidrat yang terdapat pada bunga pepaya tergolong rendah. Tak hanya itu saja, bunga pepaya ternyata mampu untuk menurunkan kadar insulin yang menjadi pemicu seseorang mengalami penyakit diabetes.

5. Meningkatkan nafsu makan

Meski bunga pepaya memiliki rasa yang pahit, namun ketika disantap memiliki citarasa yang lezat. Hal ini menjadikan bunga pepaya sebagai makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan. Tetapi manfaat yang satu ini belum efektif untuk semua orang.

Demikianlah beberapa manfaat yang akan diperoleh apabila mengonsumsi bunga pepaya. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan manfaat bunga pepaya, bunga yang satu ini perlu diolah menjadi makanan yang bercitarasa lezat.

Claudia