blank
Ilustrasi tanaman kaktus. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tanaman kaktus jadi salah satu tanaman hias yang cukup populer dan cara merawat yang mudah. Pasalnya, selain mudah dalam perawatannya kaktus juga memiliki bentuk dan bunga yang unik dengan banyak duri di bagian batangnya.

Kaktus memiliki sifat yang tahan terhadap segala cuaca termasuk cuaca panas. Kaktus juga tidak terlalu membutuhkan banyak air karena tanaman ini mampu menyimpan banyak cadangan air di batangnya.

Manfaat tanaman kaktus untuk rumah adalah mencegah penyakit yang menular melalui udara, seperti virus flu. Sebab, kaktus punya fungsi sebagai pembersih udara, termasuk dari virus-virus penyakit. Kaktus juga dikenal sebagai tanaman yang bisa menangkap polutan dan bakteri, sehingga turut mencegah penyakit.

Baca Juga: 5 Tanaman Cantik yang Dipercaya Membawa Keberuntungan di Tahun Kelinci Air

Kaktus bisa kamu tanam di dalam maupun luar ruangan, lho. Ada beberapa jenis kaktus yang cocok kamu jadikan hiasan rumah. Dilansir dari Suara.com lalu, apa saja jenis kaktus yang mudah dirawat dan bisa ditanam dalam ruangan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Kaktus Koboi

Jenis kaktus pertama yang bisa kamu tanam dalam ruangan adalah kaktus koboi. Jenis kaktus ini memiliki ciri batang yang tegak berdiri dan memberikan kesan tegas. Bahkan batang kaktus koboi tingginya bisa mencapai 1-2 meter, lho.

Kaktus ini dapat tumbuh mengikuti cahaya matahari. Oleh karena itu, agar batangnya tetap tumbuh tegak kamu perlu memutar potnya secara rutin agar tidak condong ke salah satu sisi saja.

Baca Juga: Ada Kaktus Hingga Begonia, Ini 4 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

2. Astrophytum

Astrophytum bisa jadi pilihan tanaman kaktus selanjutnya yang bisa kamu tanam dalam ruangan. Jenis kaktus ini memiliki bentuk batang yang unik dan menyerupai buah belimbing. Selain itu, kaktus ini juga memiliki bunga yang cantik.

Astrophytum jadi pilihan tepat jika kamu ingin menghias meja kerja atau meja belajar. Kamu bisa menanamnya di pot kecil agar terlihat lebih cantik dan estetik.

3. Kaktus Zebra

Jenis kaktus selanjutnya yang bisa kamu tanam di dalam ruangan adalah kaktus zebra. Jenis kaktus ini memiliki daun panjang dengan ujung runcing. Sekilas tanaman ini menyerupai lidah buaya namun corak daunnya berbeda. Corak daun kaktus zebra memiliki perpaduan warna hijau tua dengan garis putih.

Baca Juga: Dapat Meredakan Gejala Rematik, Ini 5 Manfaat Tanaman Obat Kumis Kucing bagi Kesehatan

Jenis kaktus ini sangat cocok untuk pemula karena mudah dalam perawatannya. Tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari, kamu bisa menyiramnya ketika kondisi tanahnya sudah kering. Selain itu, kaktus ini juga tetap dapat tumbuh meskipun minim cahaya matahari.

4. Ball Cactus

Ball cactus atau Parodia magnifica merupakan salah satu jenis kaktus yang cocok digunakan untuk dekorasi ruangan. Kaktus ini memiliki bentuk bulat menyerupai bola dengan banyak duri halus di batangnya. Jenis kaktus ini juga sangat mudah dirawat dan bisa tumbuh tanpa memerlukan banyak cahaya matahari.

5. Kaktus Telinga Kelinci

Jenis kaktus terakhir yang bisa kamu tanam di dalam ruangan adalah kaktus telinga kelinci. Kaktus ini memiliki bentuk menyerupai telinga kelinci dan berukuran mini. Terdapat banyak duri-duri halus yang ada di batangnya.

Baca Juga:Tips Menanam Tanaman Pada Media Pipa

Kamu bisa menanamnya di pot kecil dan letakkan di meja ataupun rak dinding yang akan membuat ruangan terlihat lebih estetik.

Nah, itulah lima jenis kaktus yang bisa kamu tanam di dalam ruangan dan cocok sebagai hiasan rumah. Tertarik untuk menanamnya?

Claudia