Ilustrasi orang mengalami sakit kepala. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sakit kepala, biasanya menjadi penyebab orang dewasa sering pergi ke dokter. Meski mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi kepala sering pusing, jarang menjadi ancaman yang serius terhadap kesehatan.

Pusing menerangkan kondisi ketika kepala terasa berputar, ringan, hingga hilang keseimbangan. Meski kebanyakan bisa membaik dengan konsumsi obat pusing dan tidak selalu menandakan kondisi yang serius, bukan berarti kepala sering pusing boleh diabaikan. Pengobatan perlu dilakukan agar rasa pusing bisa cepat teratasi dengan baik.

Dilansir dari Alodokter, ada beberapa cara mengatasi kepala sering pusing. Ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa pusing yang dialami.

1. Duduk atau berbaring beberapa saat

Kamu bisa mencoba mengatasi kepala pusing secara instan dengan cara duduk atau berbaring setidaknya 1-2 menit. Jika kamu pernah mengalami vertigo, sebaiknya pejamkan mata kamu pada saat yang sama.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Kepala sering pusing juga bisa disebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi juga dapat memperparah kondisi kepala sering pusing. Oleh karena itu, tingkatkan asupan cairan dan usahakan untuk selalu mengkonsumsi air putih.

3. Batasi konsumsi kafein, garam, alkohol dan hindari merokok

Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, garam, dan alkohol saat kepala sedang pusing. Kamu juga disarankan untuk tidak merokok. Sebab, zat-zat yang terkandung di dalamnya bisa memperburuk kondisi yang kamu alami.

4. Cukupi istirahat

Beristirahatlah sejenak jika kamu mengalami pusing. Cara ini bisa membantu kamu dalam meredakan rasa pusing yang dialami. Upayakan untuk mencukupi istirahat minimal 6-8 jam tidur dalam sehari, serta pergunakan waktu istirahat dengan baik, sehingga kamu bisa kembali beraktivitas setelahnya.

5. Jangan mengendarai kendaraan bermotor

Mengendarai kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, saat mengalami pusing adalah tindakan yang sangat berisiko. Jika saat menyetir merasa pusing, sebaiknya menepi sejenak hingga pusing hilang.

6. Berpegangan untuk menjaga keseimbangan

Saat pusing melanda, penderitanya bisa hilang keseimbangan. Hindari bergerak secara tiba-tiba agar tidak hilang keseimbangan. Kamu dapat berpegangan pada sesuatu yang ada di sekitar kamu agar tidak jatuh.

7. Hentikan atau ganti obat

Rasa pusing yang dialami mungkin terkait dengan pemakaian obat yang diberikan oleh dokter. Jika hal ini yang terjadi, konsultasikan kepada dokter yang meresepkan obat tersebut. Tanyakan mengenai penurunan dosis pemakaian atau pilihan untuk menghentikan konsumsi obat tersebut.

Jangan pernah menganggap remeh kepala sering pusing, terutama jika disertai dengan mual dan muntah. Sebaiknya segera hubungi dokter jika hal tersebut terjadi. Dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi yang dialami dan penyebab yang mendasarinya.

Ning S