blank
Ilustrasi tanaman hias kaktus di dalam ruangan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABRU.ID)- Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan, kecantikan, dan menciptakan daya tarik. Tanaman hias merupakan tanaman yang umumnya ditanaman dihalaman rumah atau ditempatkan dalam ruangan menggunakan pot.

Tanaman hias berfungsi sebagai filter alami dengan membersihkan udara melalui proses fotosintesis. Beberapa tanaman mampu mengurangi berbagai toksin berbahaya dalam udara, seperti formaldehida, benzena, atau xilena. Baik tanaman dalam ruangan maupun luar ruangan dapat menyerap suara.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik interior rumah. Misalnya dengan memilih perabotan yang estetik atau bisa juga dengan meletakkan tanaman hias di beberapa sudut rumah. Tanaman hias selain dapat membuat ruangan menjadi cantik juga bisa menciptakan kesan yang sejuk dan nyaman.

Baca Juga: Mudah Untuk Dilakukan, Ini 6 Media Tanam Hidroponik yang Dapat Dicoba di Rumah

Namun, tidak semua jenis tanaman hias bisa ditanam di dalam ruangan. Pasalnya, sifat masing-masing tanaman hias berbeda. Ada jenis tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari untuk bisa tumbuh namun ada juga yang sebaliknya.

Dilansir dari Suara.com lalu, jenis tanaman apa saja yang cocok ditanam di dalam ruangan? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Begonia

Jenis tanaman hias pertama yang bisa ditanam di dalam ruangan adalah begonia. Tanaman hias ini memiliki daun yang menawan dan eksotis. Kamu bisa meletakkan tanaman begonia ini di beberapa sudut rumah yang dapat membuat ruangan menjadi lebih cantik.

Perawatan tanaman ini juga sangat mudah, lho. Kamu tidak perlu menyiramnya terlalu sering, hanya sesekali saja ketika tanahnya sudah kering. Selain itu, agar daunnya tumbuh lebat, sesekali kamu perlu membawanya ke luar ruangan agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: Tips Membuat Pupuk Agar Tanaman Semakin Lebat

2. Kaktus

Kaktus adalah jenis tanaman hias yang banyak dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan. Selain bentuk dan warnanya yang beragam dan cantik, kaktus juga tergolong mudah dalam perawatannya.

Tanaman kaktus sangat cocok ditanam di dalam ruangan karena tidak membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tumbuh. Selain itu, tanaman ini juga tidak perlu disiram setiap hari, cukup seminggu sekali.

3. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua jadi pilihan tanaman hias selanjutnya yang bisa ditanam dalam rumah. Tanaman hias dengan kombinasi warna kuning dan hijau ini punya manfaat yang baik jika diletakkan dalam ruangan.

Baca Juga: Tips Menanam Tanaman Pada Media Pipa

Selain membuat ruangan menjadi lebih cantik, lidah mertua juga dapat menyerap karbon dioksida dan karbon monoksida dalam ruangan, sehingga bisa menghasilkan oksigen dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

4. Sirih Gading

Jenis tanaman terakhir yang bisa kamu letakkan di dalam ruangan adalah sirih gading. Tanaman ini kamu tanam dengan media air maupun tanah. Selain itu, sirih gading juga dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih segar, lho. Hal ini dikarenakan sirih gading dapat menyerap racun dalam ruangan dan mampu mengalirkan oksigen.

Nah, itulah empat jenis tanaman hias yang bisa kamu tanam di dalam ruangan. Selain ruangan menjadi lebih cantik, udara di dalam ruangan juga menjadi lebih sejuk dan segar.

Claudia