blank
Dinda bersama Ganjar berkomunikasi sesaat, sebelum menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Foto: hms

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, setiap tahun menggulirkan Bantuan Keuangan (Bankeu) kepada pemerintah desa. Bantuan itu digunakan untuk pembangunan fisik maupun nonfisik. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya di Desa Leyangan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Dana Bankeu dari Pemprov Jateng digunakan untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik. Siang itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meresmikan RTH publik di Desa Leyangan, Rabu (31/5/2023).

Acara persemian RTH publik yang dibangun menggunakan dana Bankeu Provinsi Jateng itu, berlangsung meriah. Ganjar meminta artis dadakan untuk menyanyikan lagu Garuda Pancasila, untuk menghibur tamu undangan.

BACA JUGA: Warga Keseneng Senang Jembatan Penghubung Dua Desa Tersambung

”Ini karena nggak ada hiburannya, saya panggilkan artis langsung saja. Ayo mana yang bisa nyanyi angkat tangan,” kata gubernur berambut putih itu, di hadapan puluhan siswa SDN Leyangan, yang heboh menyambutnya sejak awal.

”Saya Pak, Saya bisa Pak. Saya mau,” sahut para siswa berebut unjuk gigi.

Ganjar kemudian menunjuk seorang bocah bernama Dinda. Siswi kelas 2 SDN Leyangan itu pun di-dhapuk untuk menyanyikan lagu di depan para tamu undangan.

BACA JUGA: Atasi Kemiskinan dan Stunting, Peran Kades Sangat Penting

”Saya nyanyi Garuda Pancasila saja pak, yang hafal,” ujar Dinda penuh percaya diri.

RTH publik di Desa Leyangan itu, berdiri di tanah desa seluas 5.000 meter. Ruang terbuka ini dibangun menggunakan dana Bantuan Keuangan Provinsi TA 2022 senilai Rp 3 miliar.

”Anak-anak bisa main di sini, itu dibuatkan panggung yang cukup bagus, anak-anak kita bisa melihat pemandangan yang bagus, sehingga bisa dijadikan sebagai area atau space untuk orang bisa melakukan kegiatan,” imbuh Ganjar usai peninjauan.

blank
Ganjar bercengkerama dengan beberapa anak, saat bermain perosotan di RTH yang ada di Desa Leyangan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Foto: hms

BACA JUGA: Tiga Menteri Perempuan Kabinet Jokowi, Puan, Megawati, Susi Susanti…

Selain bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk seni pertunjukkan, seperti yang dicontohkan Dinda, dia menambahkan, RTH juga bisa digunakan untuk kegiatan olahraga, dan pameran UMKM.

”Jadi pendapatan desanya bisa bertambah, karena ini tanahnya tanah kas desa. Maka beberapa bantuan tadi kami berikan, untuk menumbuhkan desa-desa wisata, badan usaha milik desa, agar bisa tumbuh berkembang dengan baik,” ujarnya.

Selain meresmikan RTH dari Bankeu, Ganjar juga menyerahkan bantuan lain kepada Pemkab Semarang. Total Bantuan yang diberikan kepada pemkab dan masyarakat sebanyak Rp 154.296.970.000.

BACA JUGA: Bulan Mei dan Pers Kita

”Saya titip, jangan dikorupsi. Diawasi betul. Kalau ada yang ganggu, bilang saya nanti tak jewer,” tegasnya.

Bantuan yang diberikan antara lain untuk RTLH, Bansos Kartu Jateng Sejahtera, Digester Biogas, bantuan fasilitas untuk lingkungan hidup dan keuangan, bantuan untuk fasilitas peternakan, serta bantuan untuk fasilitas kelautan dan perikanan.

”Saya minta tidak hanya bagus di awal, tapi bagus seterusnya. Dipelihara, nanti bagus, sejuk, anak-anak bisa bermain, dan ini bisa membuat orang bahagia,” tandasnya.

Riyan