blank
Ilustrasi tanaman kumis kucing. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kumis kucing atau dengan nama lain Orthosiphon aristatus merupakan termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit

Tanaman kumis kucing memiliki sifat antijamur, salah satu fungsinya untuk mengatasi infeksi dari jamur, terutama yang disebabkan Candida Albicans. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan infeksi saluran kencing dan candidemia.

Tidak hanya untuk kesehatan, tanaman yang satu ini juga dikenal sangat bermanfaat untuk kecantikan. Tanaman kumis kucing biasanya kerap dijadikan sebagai obat untuk meringankan batuk.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer, Ini 5 Manfaat Daun Kecombrang bagi Kesehatan Tubuh

Namun, ternyata masih ada lagi manfaat tanaman kumis kucing yang tidak kamu ketahui. Disadur dari klikdokter.com, berikut beberapa di antaranya.

1. Mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh

Manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan yang pertama adalah mengontrol kadar gula darah. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi pengidap diabetes, sebab kumis kucing telah terbukti bisa mengendalikan kadar gula darah tersebut.

2. Membantu penyembuhan infeksi saluran kemih

Selain dapat mengendalikan kadar gula darah, tanaman kumis kucing ternyata juga bisa membantu proses penyembuhan infeksi salurah kemih, lho. Bukan tanpa sebab, tanaman kumis kucing sendiri memang terkenal mampu melawan infeksi.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat tanaman kumis kucing berikutnya adalah dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Sebagai informasi, zat anti peradangan serta antioksidan yang terkandung di dalam kumis kucing memang sangatlah baik untuk para pengidap darah tinggi.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Rambutan Bagi kesehatan

4. Mengatasi gatal karena alergi

Tanaman kumis kucing juga bermanfaat untuk mengatasi gatal karena alergi, lho. Nantinya kamu bisa mengolah kumis kucing tersebut sehingga dapat dikonsumsi sebagai jamu herbal.

Cara pengolahan tanaman kumis kucing ini pun bisa dibilang sangatlah mudah. Kamu bisa memulainya dengan merebus setengah genggam kumis kucing, meniran, dan juga sambiloto. Tambahkanlah 2 jari temulawak serta 4 gelas air, kemudian rebuslah hingga mendidih.

Setelah mendidih, nantinya kamu bisa menyaring ampasnya kemudian jamu herbal tersebut sudah siap untuk dikonsumsi. Mudah, bukan?

5. Membantu meredakan gejala rematik

Penelitian BMC Complementary Medicine and Therapies menyatakan bahwa ekstrak kumis kucing dapat bermanfaat bagi para pengidap rematik. Di dalam penelitian itu turut disebutkan bahwa tanaman kumis kucing juga berpotensi menawarkan manfaat lainnya.

Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah dapat melindungi tulang rawan hingga mengurangi pembengkakan yang ada pada kaki.

Itulah sejumlah manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan tubuh. Di samping itu, tentu saja masih ada segenap manfaat tanaman kumis kucing lainnya yang tidak kita ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Claudia