blank
Ilustrasi kecombrang. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun kecombrang merupakan sayuran yang mempunyai rasa dan aroma khas, serta seringkali dipakai sebagai bumbu masakan hingga diolah menjadi tumisan yang lezat.

Kecombrang dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit neurodegeneratif misalnya penyakit Alzheimer. Kemampuan ini diperoleh dari senyawa alami yang melimpah dalam kecombrang, yaitu flavonoid dan fenolik.

Kemudian, kecombrang ini masuk dalam kelompok Zingiberaceae, yang berarti masih satu keluarga dengan jahe. Akan tetapi, jahe lebih dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal alami seperti untuk mengatasi nyeri sendi atau masuk angin.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Rambutan Bagi kesehatan

Sementara, kecombrang masih lebih dikenal sebagai sayuran yang tentu diolah menjadi masakan tradisional seperti kluban.

Dilansir dari Suara.com kendati lebih sering dipakai dalam masakan, namun daun kecombrang rupanya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang tidak kalah dari tanaman herbal lainnya.

Dalam kecombrang sendiri terdapat kandungan seperti karbohidrat, serat, protein, dan lemak.

Selain itu, adapula berbagai macam zat gizi mikro, seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, vitamin B, dan senyawa bersifat antioksidan yang terkandung di dalam tanaman kecombrang.

Baca Juga: Sering Jadi Obat Luka, Ini 5 Manfaat Sirih Cina yang Jarang Diketahui

Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah beberapa manfaat daun kecombrang bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Bisa mencegah penyakit kronis

Kecombrang disebut bisa mencegah berbagai macam penyakit kronis diantaranya diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit neurodegeneratif misalnya penyakit Alzheimer.

Hal ini karena kecombrang mempunyai senyawa alami yang melimpah seperti flavonoid dan fenolik. Adapun senyawa itu mempunyai sifat antioksidan, sehingga dapat mencegah bahaya radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya beragam penyakit kronis yang membahayakan tubuh.

2. Menjaga kadar gula darah tetap normal

Kecombrang, bisa dikonsumsi oleh penderita prediabetes atau diabetes karena sifat antihiperglikemik sehingga mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam usus.

Baca Juga: Jadi Pemanis Alami, Ini 6 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

Maka dari itu, risiko terjadinya gula darah yang melonjak atau naik setelah makan dapat dihindari dan kadar gula darah pun bisa tetap stabil atau normal.

3. Mencegah hiperurisemia

Dalam istilah medis, hiperurisemia adalah tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Tanaman kecombrang ini dipercaya dapat mencegah hiperurisemia karena adanya kandungan senyawa alami di dalamnya, seperti flavonoid, polifenol, dan saponin, yang mana bisa mengontrol produksi asam urat berlebih.

4. Mencegah peradangan

Khasiat daun kecombrang yang lainnya adalah bisa mencegah peradangan atau inflamasi karena zat alami terpenoid dan flavonoid.

Kemudian, kedua senyawa ini diketahui mempunyai sifat antiinflamasi yang bisa menghambat kerja enzim penyebab peradangan tersebut.

Perlu diketahui guna mendapatkan semua manfaat di atas, kamu pun bisa mengolah kecombrang menjadi berbagai jenis masakan, namun harus pastikan telah mencucinya hingga bersih.

Itulah tadi sejumlah manfaat tanaman kecombrang bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia