blank
ilustrasi gula merah yang kaya nutrisi. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gula aren jadi salah satu jenis gula yang cukup populer di kalangan pecinta kopi. Gula aren merupakan pemanis tradisional yang terbuat dari nira pohon aren. Warnanya cenderung kecokelatan dan punya rasa yang paling manis dibandingkan dengan gula lain yang sejenis. Gula ini juga memiliki aroma yang khas dan cukup kuat.

Gula aren juga mengandung serat makanan bernama inulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini bisa membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh

Dilansir oleh halodoc.com, berikut enam manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah, Simak!

1. Sebagai sumber energi dan mengurangi rasa lelah

Salah satu manfaat mengkonsumsi gula aren adalah mampu memberikan suntikan energi tambahan ke dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari adanya kandungan karbohidrat dalam gula aren, yang menjadi sumber energi, sehingga dapat menurunkan rasa lelah.

Artinya, jika kamu merasa lelah setelah melakukan aktivitas, mengkonsumsi gula aren akan membantu mengurangi rasa lelah tersebut.

2. Mengontrol kadar gula darah

Gula aren memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung sedikit glukosa. Dengan demikian, mengkonsumsi gula aren mampu membantu mengontrol kadar gula darah lebih baik, dibandingkan dengan jenis gula lain.

3. Meningkatkan kesehatan sistem cerna

Diketahui bahwa dengan mengkonsumsi gula aren akan membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan serat inulin yang dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mendukung proses penyerapan mineral dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kemangi, Menurunkan Stres hingga Mencegah Kanker

4. Menjaga fungsi sistem saraf

Gula aren kaya akan kalium yang berperan penting dalam menjaga aktivitas sistem saraf, seperti kontraksi otot dan detak jantung agar berfungsi secara optimal. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Dalam gula aren terkandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut bagus untuk membantu mendukung sekaligus menjaga kesehatan tumbuh kembang tulang dan jaringan, terutama pada anak-anak.

6. Sebagai sumber antioksidan

Diketahui bahwa gula aren mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang cukup tinggi. Selain itu, nutrisi dalam gula ini termasuk fitoutrien. Senyawa ini memiliki efek antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh.

Nah, itulah 6 manfaat gula aren bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia