blank
Ilustrasi buah rambutan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARBARU.ID)- Rambutan mungkin lebih dikenal buahnya daripada daunnya sendiri, padahal daun rambutan ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat buah rambutan itu sendiri yaitu sebagai campuran obat ataupun bahan utama dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kemudian, daun rambutan juga seringkali digunakan sebagai bahan utama dari perawatan kecantikan seperti menyehatkan rambut atau perawatan rambut. Ada manfaat daun rambutan yang paling terkenal yakni bisa meningkatkan gairah seksualitas atau hormon baik pria atau wanita dan hal ini disebabkan karena adanya kandungan di dalamnya.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada daun rambutan antara lain kandungan polifenol, saponin, dan tannin yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun efek yang bisa ditimbulkan pada daun rambutan yakni efek alexiteric dan afrodisiak dimana keduanya aktif dalam peningkatan gairah seksualitas.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Deman, Ini Manfaat Daun Sungkai bagi Kesehatan

Dilansir dari Suara.com selain itu, daun rambutan di dalamnya juga mengandung hormon yang baik dalam menghidupkan sel menoset atau pigmen warna pada rambut terutama bagi rambut yang beruban.

Seperti dilansir dari desaputat.gunungkidulkab.go.id, berikut ini adalah beberapa manfaat daun rambutan yang mungkin jarang orang ketahui.

1. Bisa mengatasi rambut beruban

Kondisi rambut beruban ini dapat terjadi karena perubahan pada melanin rambut dan sel melanosit yang memproduksi sel melanin ini tidak mampu bekerja optimal alias, sehingga warna yang dihasilkan tidak lagi hitam.

Meskipun belum ada obat yang bisa menghalau atau menolak putihnya rambut, namun daun rambutan ini bisa menghidupkan pigmen rambut yang mati dan rambut yang beruban ini bisa ditunda.

2. Mengurangi efek racun

Daun rambutan rupanya sangat baik dalam membantu tubuh untuk menghindarkan dari efek racun. Hal ini karena daun ini mempunyai efek alexiteric yang aktif dalam membantu menguranginya.

Sebenarnya, tidak hanya pada daunnya saja, bagian tubuh lainnya pun sangat bermanfaat yakni baik dalam nutrisinya atau pada buah rambutan itu sendiri yakni baik daging buah ataupun kulitnya.

Baca Juga: Waspadai Penipuan Berkedok Bisnis Online

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Sejatinya daun rambutan ini sangat baik dalam mengatasi gangguan pencernaan karena di dalamnya terdapat kandungan zat yang baik dalam melancarkan pencernaan. Manfaat ini sudah banyak digunakan dan juga diterapkan dalam ilmu kedokteran tradisional di Fillipina.

4. Efek anelgesik

Selain manfaat di atas, daun rambutan juga memiliki zat anelgesik atau pereda rasa sakit. Dimana zat ini sangat ampuh bekerja pada bagian syaraf perifer dan syaraf pusat dalam membantu otak untuk merubah persepsi mengenai ‘rasa sakit’. Kemudian bagusnya lagi, daun rambutan dalam mengatasi rasa sakit ini pun tidak memberikan efek kecanduan.

Itulah tadi beberapa manfaat daun rambutan untuk kesehatan dan yang paling terkenal adalah bisa mengatasi rambut beruban. Selamat mencoba.

Claudia