blank
Ilustrasi daun sungkai. Foto: suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun sungkai atau dalam bahasa latin Peronema canescens Jack merupakan tanaman herbal yang diklaim punya banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mengobati demam sampai penyakit serius seperti asam urat. Bahkan, beberapa waktu lalu daun sungkai sempat jadi sorotan karena dianggap mampu mengatasi penyakit Covid-19.

Daun sungkai sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan umum pada anak-anak, seperti demam, sakit kepala, sakit gigi. Air rebusan daun tanaman tersebut juga baik dikonsumsi oleh wanita karena bisa membantu menjaga kesehatan reproduksi.

Menurut jurnal penelitian dari Pharmacology And Clinical Pharmacy Research, daun sungkai memiliki kandungan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti flavonoid, terpenoid, polisakarida, alkaloid, saponin, tannin, steroid, dan polifenol. Kandungan fitonutrien tersebut berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimalaria, hingga antihiperurisemia.

Baca Juga: Sering Jadi Obat Luka, Ini 5 Manfaat Sirih Cina yang Jarang Diketahui

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan tentang manfaat daun sungkai bagi kesehatan berikut ini.

1. Mampu Menurunkan Demam

Penggunaan daun sungkai sebagai alternatif obat untuk menurunkan demam memang sudah tak diragukan lagi. Pasalnya, daun ini memiliki berbagai kandungan fitonutrien yang berfungsi sebagai antipiretik atau penurun demam. Bahkan, daun sungkai juga turut digunakan sebagai bahan baku obat-obatan medis yang memiliki efek penurun demam, seperti dikutip pada laman Halodoc.

2. Membantu Pengobatan Malaria

Berdasarkan studi dari KnE Life Sciences, daun sungkai memiliki efek anti malaria atau anti plasmodium yang dapat menghambat perkembangan parasit penyebab penyakit malaria. Atas dasar inilah daun sungkai dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan malaria serta mempercepat penyembuhan penyakit.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Bagi Anda yang rentan sakit akibat sistem imun tubuh yang lemah, daun sungkai dapat menjadi salah satu obat yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Pasalnya, beberapa kandungan fitonutrien yang terkandung dalam daun sungkai memiliki efek Imunostimulator yang bekerja dengan cara meningkatkan jumlah sel darah putih dan merangsang aktivitas imun tubuh dalam melawan ancaman penyakit maupun infeksi.

Baca Juga:Jadi Pemanis Alami, Ini 6 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

Pernyataan ini juga diperkuat oleh studi dari Pharmacognosy Journal, yang menjelaskan adanya peningkatan jumlah leukosit pada tubuh hewan percobaan setelah diberikan ekstrak daun sungkai dalam beberapa dosis.

4. Mencegah Terjadinya Peradangan

Pada dasarnya, peradangan merupakan respon tubuh untuk melindungi organ dari mikroorganisme, infeksi, maupun cedera. Namun, pada kondisi tertentu peradangan juga bisa memicu keparahan penyakit dan rasa nyeri yang mengganggu.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda dapat menggunakan daun sungkai sebagai alternatif alami karena memiliki fitonutrien dalam golongan fenol yang memang memiliki sifat anti inflamasi. Meski begitu, efek yang dirasakan mungkin tidak sekuat penggunaan obat medis anti inflamasi pada umumnya.

5. Mampu Menurunkan Kadar Asam Urat

Asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Sedangkan purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting dalam proses metabolisme tubuh. Asam urat yang telah digunakan biasanya akan terbuang bersama urin, namun terkadang tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Hal inilah yang memicu terjadinya gout athritis.

Daun sungkai dinilai dapat mengatasi penyakit asam urat. Sebab, kandungan fitonutrien yang terdapat dalam daun sungkai bertindak sebagai antihiperurisemia yang berpotensi membantu menurunkan kadar asam urat secara alami, seperti dilansir pada Jurnal Farmasi Indonesia.

Itulah tadi pembahasan tentang lima manfaat potensial daun sungkai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Claudia