blank
Polisi mengamati salah satu kandang ternak ayam, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Polsek Dukun, Polresta Magelang, melalui Bhabinkamtibmas Desa Kalibening, Aipda Linggar, mengunjungi peternakan ayam petelur milik Parwito di Dusun Kalibening Wetan, Desa Kalibening, Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu (24/5/2023).

Peternakan ayam petelur yang dimiliki Parwito membawa dampak positif tersedianya kesempatan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Juga dapat memotivasi warga untuk berusaha ayam ras, petelur atau usaha lainnya.

Namun demikian kalau peternakan tidak dikelola dengan baik akan berefek kurang baik terhadap lingkungan. Yaitu adanya bau tidak sedap, serta banyaknya lalat yang beterbangan ke rumah warga, sehingga kadang menyebabkan penyakit batuk atau pilek.

Dalam kunjungannya Bhabinkamtibmas Aipda Linggar memberikan imbauan kepada pemilik ternak ayam agar menciptakan lingkungan yang sehat. “Jaga kebersihan kandang, jangan membuang limbah air, serta kotoran ayam secara sembarangan,” tuturnya.

Selebihnya disebutkan, jangan karena pengelolaan limbah yang tidak benar berakibat timbulnya konflik dengan warga sekitar.

Pemilik peternakan pun berterima kasih kepada polisi yang telah mengingatkan. “Kami akan selalu menjaga kebersihan kandang, serta lingkungan. Selain demi lingkungan yang sehat, juga menjadikan ayam ternak kami jadi sehat pula,” ujar Parwito pemilik ternak.

Secara terpisah Kapolsek Dukun Iptu Aris Mulyono mengatakan, di wilayah Kecamatan Dukun ada beberapa peternakan ayam. Pihaknya selalu melakukan imbauan dengan cara mengunjungi ke peternakan. Jangan sampai pengelolaan limbah berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

“Karena bisa menimbulkan permasalahan di masyarakat,” tuturnya.

Eko Priyono