blank
Ilustrasi tanaman sirih cina. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sirih Cina atau dengan nama lain Tumpang air, tumpang angin atau suruhan merupakan terna kecil semusim dan berakar dangkal yang mudah ditemukan tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman.

Ukurannya 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen, cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak

Manfaat daun sirih cina memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (pengurang rasa sakit), anti radang (anti-inflammatory) dan antibiotik.

Baca Juga: Jadi Pemanis Alami, Ini 6 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

Selain itu, manfaat daun sirih cina untuk wajah diantaranya mengobati bisul, jerawat, radang kulit, abses, luka bakar, luka memar/luka terpukul maupun bengkak.

Dilansir oleh halodoc.com berikut adalah 5 manfaat sirih cina bagi kesehatan.

1. Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Diketahui bahwa ekstrak daun sirih cina mampu mencegah kerusakan pada mukosa lambung, yaitu lapisan selaput lendir yang berfungsi untuk menampung kelenjar dan lubang gastrointestinal.

Selain itu, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang efektif untuk mengatasi masalah pencernaan.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah, Simak!

2. Mengobati asam urat

Diketahui bahwa daun sirih cina berkhasiat untuk mengurangi gejala asam urat. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan seekor tikus, disebutkan bahwa daun sirih cina mengandung suatu zat yang mampu menurunkan kadar asam urat.

Dalam penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa pemberian ekstrak daun sirih cina pada tikus dengan gejala asam urat, mampu menurunkan kadar asam urat mencapai 44 persen.

3. Mengatasi rheumatoid arthritis

Daun sirih cina juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit rheumatoid arthritis. Untuk menggunakannya, rebus batang dan daun tanaman ini. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut setiap pagi dan malam untuk membantu mengurangi gejala penyakit ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kemangi, Menurunkan Stres hingga Mencegah Kanker

4. Mempercepat proses pemulihan patah tulang

Bagi pasien pasca operasi patah tulang, tak ada salahnya untuk memanfaatkan tanaman ini agar pemulihan patah tulang dapat lebih cepat. Diketahui bahwa kandungan air dari daun sirih cina bermanfaat untuk mempercepat pemulihan patah tulang. Hal ini terbukti efektif karena tanaman ini mengandung mineral khusus.

Caranya menggunakannya adalah dengan menghaluskan sirih cina sampai keluar airnya. Setelah airnya keluar, Anda dapat mengoleskan air tersebut pada tulang yang terdampak dan are sekitarnya.

5. Mengurangi risiko kanker

Manfaat selanjutnya dari tanaman sirih cina adalah khasiatnya dalam mencegah munculnya kanker. Daun ini mengandung peperomia E yang terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ekstrak dari daun tanaman ini terbukti memiliki agen antikanker yang sangat baik. Diketahui juga bahwa ekstrak daun sirih cina mampu menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan bakteri penyebab penyakit.

Itulah tadi 5 manfaat sirih cina bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia