blank
Petinggi Tegalsambi,Agus Santoso, SE

JEPARA ( SUARABARU. ID) – Desa Tegalsambi,Kecamatan Tahunan, Jepara siap jika ditunjuk menjadi desa pertama di Kabupaten Jepara untuk merealisasikan program Kampung Kartini Tangguh yang digagas oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Kesediaan tersebut disampaikan oleh Petinggi Tegalsambi Agus Santoso, SE usai mengikuti Rapat Koordinasi Pembentukan Kampung Kartini Tangguh yang berlangsung di Comand Center Polres Jepara, Kamis (24/8-2023).

Dalam rakor yang dipimpin oleh Kapolres Jepara didampingi Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jepara Lukito Sudi Asmoro. Rakor juga dihadiri Kepala Disospermades Edy Marwoto, sejumlah perwakilan OPD, Petinggi Tegalsambi, pegiat budaya, relawan dan personil Polisi Wanita di jajaran Polres Jepara.

Program ini menurut Agus Santoso sangat baik karena lebih mengedepankan pendekatan budaya untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sosial yang ada di desa. “Apalagi pendekatan budaya tersebut dengan mengambil inspirasi dari gagasan dan semangat RA Kartini yang menjadi kekuatan kultural masyarakat Jepara,” ujar alumni Unisnu Jepara ini.

Namun karena ini program yang sama sekali baru dan di daerah lain belum ada, maka Agus Santoso berharap dilengkapi dengan petunjuk teknis termasuk indikator-indikator yang ingin dicapai. “Harapan kami Pemkab Jepara memberikan arahan dalam implementasinya,” ujarnya

“Ini menurut saya sebuah terobosan yang sangat baik dan khas Jepara dengan menggunakan inspirasi dari gagasan RA Kartini untuk mengurai persoalan sosial yang bisa berujung pada persoalan hukum yang cenderung semakin meningkat,”ujar Agus.

Desa Tegalsambi berdasarkan catatan SUARABARU.ID telah ditetapkan sebagai Desa Anti NarkobaTahun 2022, Desa anti Korupsi, Desa Mandiri, dan Penerima Anugerah Desa Wisata. Disamping itu pada tahun 2016 menjadi juara 1 Lomba Perpusdes Kab. Jepara, tahun 2018 Juara 1 Lomba Tertib Arsip dan Administrasi Desa Tingkat Prop. Jateng dan tahun 2021 Juara 1 Lomba Desa se kab. Jepara.

Hadepe