blank
Ilusttrasi bunga melati yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bunga melati termasuk salah satu genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Bunga melati juga menjadi salah satu jenis bunga yang sering djadikan bahan campuran untuk teh aromatik. Selain berguna untuk menambah aroma, bunga ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Bunga melati juga merupakan obat tradisional untuk meningkatkan fungsi otak. Kandungan antioksidan kuat dan polifenol di dalam bunga tersebut bisa meningkatkan aktivitas otak, dan membantu sekresi neurotransmiter yang meningkatkan suasana hati seperti serotonin dan dopamin.

Bunga melati mengandung benzil benzoat, asam benzoat dan benzaldehida, ketiganya punya sifat antiseptik. Membuat bunga ini bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh luka. Minyak esensial bunga melati dapat diaplikasikan pada luka ringan dan luka sayat untuk memberikan pereda instan.

Baca Juga: Cocok Jadi Hiasan Rumah, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Kaktus yang Mudah di Rawat

Kekayaan komponen bioaktif dalam minyak bunga melati memberikan manfaat yang sangat baik untuk memperlambat penuaan kulit. Dengan aldehida dan ester organik, minyak ini secara signifikan meminimalkan kerutan, garis-garis halus, serta meningkatkan sintesis kolagen.

Mengutip dari halodoc.com berikut lima agam manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh.

1. Memelihara kesehatan jantung

Diketahui bahwa bunga melati mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi jantung sekaligus mencegah teradinya penyakit jantung.

Selain itu, bunga melati juga mengandung senyawa yang bersifat antikoagulan dan antifibrinolitik yang dapat mengurangi kolesterol jahat. Kandungan tersebut juga mampu menurunkan risiko terjadinya penyumbatan dan pembentukan gumpalan di pembuluh arteri.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Yuk Simak 5 Manfaat Kangkung Bagi Pertumbuhan Anak

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selain baik untuk jantung, tingginya antioksidan pada bunga ini juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Bunga melati disinyalir mampu mengobati perut kembung, sakit perut, diare, dan sindorom iritasi usus besar. Tak hanya sebatas itu, bunga ini juga bermanfaat untuk meningkatakan jumlah bakteri baik yang ada di dalam usus, sekaligus menghilangkan bakteri berbahaya di dalam usus.

3. Mengontrol diabetes

Bunga melati memiliki sifat hipoglikemik yang berperan cukup penting dalam mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Bunga ini juga mengandung katekin bioaktif yang dapat mengaktifkan insulin, hasil dari produksi pankreas.

Baca Juga: Ada Kaktus Hingga Begonia, Ini 4 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Mengkonsumsi teh melati secara secara rutin diyakini mampu mengurangi pemecahan pati menjadi glukosa.

4. Cocok untuk diet

Manfaat selanjutnya dari bunga melati adalah khasiatnya untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan epigallocatechin dan asam galat yang terdapat dalam bunga ini.

Diketahui bahwa kedua kandungan tersebut dapat mencegah naiknya berat badan dengan cara mempercepat proses metabolisme tubuh.

5. Membantu meningkatkan fungsi kognitif

Bunga melati dikenal juga sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Khasiat tesebut berasal dari adanya kandungan polifenol dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aktivitas otak. Tak hanya sebatas itu, kedua kandungan tersebut juga mampu membantu sekresi neurotransmiter.

Sebagai tambahan, selain populer dijadikan bahan campuran teh, bunga melati juga sering diolah menjadi kue, pudding, dan permen. Itulah 5 manfaat bunga melati bagi kesehatan.

Claudia