blank
Bunga telang. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tahukah kamu manfaat bunga telang? Tidak semua orang mengetahui manfaat bunga telang. Karena bunga dengan warna biru ini dikenal sebagai tanaman hias.

Selain mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga telang kerap dipakai sebagai pewarna makanan alami.

Dilansir dari Halodoc.com (dr. Rizal Fadli), bunga telang memiliki manfaat mampu menunjang kesehatan tubuh seseorang.

Jika berniat untuk mengonsumsinya, berikut manfaat bunga telang yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dulu.

1. Meringankan gejala depresi

Di dalam bunga telang terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Nah, asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan dapat melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi air bunga telang. Dari penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ilmuwan menyimpulkan jika sumber antioksidan pada bunga telang dihasilkan oleh ekstrak metanol di dalamnya.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Hal tersebut bisa didapatkan karena ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida. Sedangkan ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Baik diminum maupun dioles, bunga telang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Sekitar 51-52 persen bunga telang mengandung asam oleat. Asam oleat sendiri merupakan asam lemak yang biasa ditemukan pada minyak zaitun. Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, yaitu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.

5. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah menurunkan kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Jika kolesterol dapat dikontrol, maka kesehatan organ jantung pun dapat terjaga dengan baik.

6. Meringankan gejala diabetes

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bunga telang dapat mengontrol penyerapan gula darah. Hal tersebut otomatis dapat menjaga kestabilan gula darah pada seseorang.

7. Meringankan gejala asma

Ekstrak bunga telang dipercaya dapat meringankan gejala asma dan bronkitis. Kemampuannya tersebut didapatkan dari sifat antioksidan dan antiasthmatic yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu dapat memetik 10 kelopak bunga tersebut. Kemudian rendam selama 15 menit di dalam air panas. Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum.

Meski memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter jika kamu adalah pengidap alergi makanan yang ingin mengonsumsinya.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Diskusikan pula jika kamu mengalami gangguan kesehatan sesaat setelah mengonsumsinya.

Ning Suparningsih