blank
Mie kopyok, salah satu kuliner Semarang. Foto: Dok/IG.miekopyok_pakdhuwur

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mi Kopyok merupakan salah satu kuliner Semarang yang banyak diminati masyarakat. Jika kamu sedang berkunjung ke Semarang, rasanya belum lengkap bila tidak mencicipi segarnya mi kopyok kuliner legendaris ini.

Mi kopyok adalah hidangan berbahan dasar mi dari Semarang. Dengan isian mi kuning, kuah, bawang, lontong, taoge, tahu, taburan seledri dan kerupuk gendar di atasnya. Mi kopyok ini merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang yang susah ditemukan di tempat lain.

Di Semarang sendiri, ada banyak pilihan tempat makan mi kopyok yang terkenal. Ini rekomendasi mi kopyok di Semarang yang bisa kamu pilih.

1. Mi Kopyok Pak Dhuwur

Mi Kopyok Pak Dhuwur adalah tempat yang wajib kamu singgahi saat berkunjung ke Semarang. Pasalnya, Mi Kopyok Pak Dhuwur sudah terkenal sebagai mi kopyok legendaris di Semarang.

Lokasinya cukup strategis, yakni sekitar 500 meter dari arah Stasiun Poncol. Tepatnya di Jalan Tanjung Nomor 18 A, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mi Kopyok Pak Dhuwur ini terkenal dengan kuahnya yang gurih. Harga seporsi Mi Kopyok Pak Dhuwur pun termasuk murah, kamu cukup merogoh kantong mulai Rp 14.000 per porsi.

Gerai Mi Kopyok Pak Dhuwur ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Khusus hari Jumat, gerai ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Kemudian buka kembali pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

2. Mi Kopyok Pak Tris

Mi Kopyok Pak Tris merupakan salah satu mi kopyok yang cukup terkenal di Semarang. Mi Kopyok Pak Tris ini menggunakan tambahan taburan kacang yang ditumbuk kasar. Kuah mi kopyok yang ringan dengan taburan daun bawang segar dan bawang goreng nikmat disantap selagi masih hangat.

Meski sederhana, Mi Kopyok Pak Tris ini sama seperti gerai pedagang kaki lima pada umumnya. Untuk harga seporsi mi kopyok di sini sekitar Rp 15.000.

Berlokasi di Jalan Profesor Suharso, Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Mi Kopyok Pak Tris buka setiap hari kecuali hari Sabtu, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB.

3. Mie Kopyok Pak Untung

Berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asyari, Banaran Barat, Bandarjo, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sekitar 250 ke arah belakang terminal, kamu akan menjumpai gerai Mi Kopyok Pak Untung.

Mi Kopyok Pak Untung ini memiliki ciri khas ada tambahan acar dan kol. Tempat makan ini cocok untuk kamu yang ingin makan enak tapi tetap murah. Harga seporsi mi kopyok di sini mulai dari Rp 13.000 yang setiap harinya buka pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB (kecuali hari Jumat).

4. Warung Mie Kopyok Pak Muji

Warung Mie Kopyok Pak Muji berlokasi di Jalan Ngesrep Barat III, Nomor 43, Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di sini seporsi mi kopyok dibanderol sebesar Rp 10.000 saja. Jika kamu ingin berkunjung, tempat makan ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

5. Mie Kopyok Ummabie

Mie Kopyok Ummabie memiliki tempat yang strategis, yaitu ada di Jalan Kedungmundu Nomor 140, Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, tak jauh dari Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Mie Kopyok Ummabie ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Khusus hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00 WIB.

Itu tadi rekomendasi kuliner Mie Kopyok khas Semarang yang bisa kamu coba. Selain murah harganya, menu ini bakal bikin kamu ketagihan kalau sudah mencicipinya.

Ning S