blank
ilustrasi lemon. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lemon atau dengan nama lain Citrus limon merupakan tanaman asli Asia Tenggara (Manner et al, 2006). Lemon pertama kali tumbuh di India, Burma Utara, dan Cina. Citrus adalah genus pohon berbunga dan semak dalam keluarga rue, Rutaceae. Tumbuhan dalam genus menghasilkan buah jeruk, termasuk tanaman penting seperti jeruk, lemon, jeruk bali, pomelo, dan limau.

Lemon termasuk ke dalam golongan buah citrus yang kaya manfaat. Rasanya masam, berwarna kuning terang, dan berbentuk lonjong berdiameter 5 sampai 7 sentimeter dengan tonjolan di ujungnya. Di dalam lemon mengandung ragam nutrisi yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan dan minuman, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kebutuhan diet yang sehat. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam lemon dapat memberikan dampak positif pada pencernaan, metabolisme, dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan, Simak!

Dilansir oleh laman healthline dan healthyandnaturalworld, berikut adalah lima manfaat konsumsi lemon yang perlu Anda coba untuk mendukung diet sehat Anda.

1. Menstimulasi Pencernaan

Lemon kaya akan serat dan asam sitrat yang dapat membantu merangsang sistem pencernaan Anda. Mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari bisa membantu membersihkan sistem pencernaan, merangsang produksi enzim pencernaan, dan mendorong pergerakan usus yang sehat. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan yang lebih baik.

2. Menyediakan Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Lemon adalah sumber yang kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kekebalan tubuh yang kuat penting selama program diet karena tubuh Anda akan tetap terlindungi dari infeksi dan penyakit.

3. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Air lemon hangat juga sering digunakan sebagai minuman detoksifikasi. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu meningkatkan produksi enzim hati yang mendukung proses detoksifikasi tubuh. Minuman ini dapat membantu membersihkan racun dan limbah dari tubuh Anda dan membantu menjaga fungsi organ vital tetap optimal.

Baca Juga: Memiliki Khasiat yang Besar Bagi Ginjal, Ini 5 Manfaat Lemongrass Bagi Kesehatan

4. Mengurangi Nafsu Makan

Kandungan serat dalam lemon dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung mengonsumsi jumlah makanan yang lebih sedikit. Mengonsumsi air lemon atau menambahkan lemon pada hidangan Anda dapat membantu Anda merasa lebih puas dengan porsi makan yang lebih kecil.

5. Meningkatkan Metabolisme

Beberapa penelitian telah mengindikasikan bahwa senyawa bioaktif dalam lemon, seperti polifenol dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lebih cepat berarti tubuh Anda dapat membakar kalori lebih efisien dan mendukung upaya penurunan berat badan.

Konsumsi lemon harus diimbangi dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengubah atau menambahkan elemen baru dalam diet Anda.

Claudia